SHARE THIS ARTICLE

Sebagai hidangan khas Okinawa, goya banyak disukai oleh wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Ke Okinawa wajib cicipi goya (Foto: Lonelyplanet)
Ke Okinawa wajib cicipi goya (Foto: Lonelyplanet)

Makanan Jepang sudah banyak dikenal di mancanegara. Tapi tidak hanya sushi dan ramen yang menjadi andalan, masih banyak makanan lainnya yang sangat menggugah selera terutama di daerah Okinawa.

Seperti dilansir dari Lonelyplanet, Senin (25/8/2014), berikut kuliner lezat yang ada di Okinawa.

Bitter melon (goya)
Goya adalah sayuran yang mirip seperti mentimun, namun rasanya lebih pahit. Jika di Indonesia, sayuran ini mirip seperti pare. Biasanya, goya ditumis dengan daging babi dan tahu, serta disantap sebagai lauk.

Awamori
Awamori adalah minumam asal Okinawa. Awamori sudah diproduksi dari ratusan tahun lalu sejak zaman Kerajaan Ryukyu dan banyak diekspor ke China. Minuman ini sering dinikmati saat makan dan pada acara-acara pesta. Salah satu inovasinya adalah menambahkan gula merah dan umeshu ke dalam awamori. Anda juga bisa menambahkan awamori ke dalam bloddy mary atau es krim.

Shikuwasa
Shikuwasa adalah minuman yang terbuat dari jus jeruk. Di Okinawa, Anda akan mudah menemukan minuman tersebut dijual di berbagai vending machine.

Kopi
Satu lagi yang menjadi minuman khas Okinawa yaitu kopi. Anda akan mudah menemukan kopi yang banyak disajikan di kafe sekitar Naha atau di Jalan Tsuboya Pottery. Yang menjadi ciri khas dari kopi Okinawa adalah proses pemanggangannya menggunakan karang laut, dari proses tersebut juga dapat melindungi karang sebesar 3,5 persen.

COMMENT