SHARE THIS ARTICLE
Gelang pendeteksi demam buatan Jepang (Daily Mail)
Gelang pendeteksi demam buatan Jepang (Daily Mail)

Era teknologi yang kian pesat mampu membuat asesoris menjadi sesuatu yang berharga. Sebuah gelang bisa juga menjadi alat pendeteksi jika penggunanya terserang demam.

Gelang yang digunakan di lengan ini bisa memicu alarm ketika penggunanya terdeteksi akan terserang demam. Bunyi alarm akan terdengar jika suhu tubuh sang pengguna mencapai 37 derajat selsius.

Dilansir melalui Daily Mail, Senin 23 Februari 2015, gelang yang disebut ‘fever alarm‘ ini didesain oleh ilmuwan Jepang. Di dalamnya dilengkapi panel surya silikon yang fleksibel. Ada juga sensor panas yang bisa mendeteksi suhu rata-rata antara 36,5 derajat selsius sampai 38,5 derajat selsius.

Gelang itu juga dipersenjatai dengan pengeras suara piezoelectric, yang biasa digunakan di perangkat listrik. Ukuran panjangnya 30 sentimeter dengan lebar 18 sentimeter.

Perangkat yang dikembangkan oleh sekelompok peneliti dari University of Tokyo itu merupakan proyek yang dipimpin oleh Profesor Takayasu Sakurai dan Profesor Takao Someya.

Ini baru awal. Kami bisa mengembangkannya lagi dengan penambahan jumlah informasi yang lain, baik kelembaban tubuh, detak jantung dan tekanan darah. Ini bisa sangat berguna bagi perawat dan penyelenggara kesehatan,” ujar Someya.

Source : teknologi.news.viva.co.id
COMMENT