Share on

Sebagai surga bagi para otaku anime dan video game, Akihabara dipenuhi dengan berbagai gedung-gedung bertema anime dan game yang ikonik, seperti arcade Sega Akihabara Building 2 yang selalu dipenuhi dengan iklan anime dan game vertikal. Sayangnya, kita harus segera mengucapkan selamat tinggal pada Sega Akihabara Building 2. Ya, gedung ikonik ini akan ditutup pada 30 Agustus mendatang, mengakhiri 17 tahun perjalanannya menemani para otaku.

Advertise With Us

Dilansir dari Soranews24, gedung ini telah berdiri sejak Oktober 2003 dengan nama “Akihabara Kigo,” dan mulai menyambut para gamer yang datang, baik dari Jepang maupun dari luar Jepang sejak saat itu.

Sega Akihabara Building 2 ditutup japanesestation.com
Sega Akihabara Building 2 (soranews24.com)

Lokasinya yang terletak di sebrang Jembatan Kandagawa ini membuat pemandangan Sega Akihabara Building 2 menjadi layaknya kanvas besar yang  rutin mempromosikan berita rilisnya anime dan video game populer di Jepang. Benar-benar tidak aneh jika para otaku sangat menyayangkan ditutupnya tempat ini.

Terkait dengan rencana penutupan, beritanya telah terpampang sejak 1 Agustus lalu di dalam bangunan tersebut. Pengumuman penutupan itu mengatakan:

“Informasi penutupan

Terima kasih atas dukungan Anda selama ini, Kami memohon maaf sebesar-besarnyam namun kami memutuskan untuk menutup cabang ini, Akihabara Building 2.

Tanggal operasi terakhir kami adalah Minggu, 30 Agustus 2020.

Seluruh staf kami mengucapkan terima kasih mendalam atas dukungan yang telah Anda berikan pada kami selama bertahun-tahun lamanya.”

Hingga kini, belum diketahui pasti mengapa Sega memutuskan untuk menutup arcade ini. Namun, tentunya tersangka utamanya adalah pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai dan membuat turunnya pengunjung di Akihabara. Bahkan, para otaku yang berkunjung untuk memainkan game arcade di gedung ini pasti khawatir menekan tombol dan memegang joystick tanpa mensterilkan tombol itu terlebih dahulu kan?

Sega Akihabara Building 2 ditutup japanesestation.com
Iklan game Kantai Collection di Sega Akihabara Building 2 (soranews24.com)

Yang lebih menyedihkan, sebelum pandemi dimulai, bisnis arcade di Jepang juga mulai menurun. Mulai menjamurnya game online dan game konsol yang bisa dimainkan dalam rumah membuat antusiasme fans game dan anime pada game arcade menurun.

Tapi tenang saja! Meski kehilangan salah satu bangunan ikonik di Akihabara ini memuatmu sedih, seperti namanya, “Building (Gedung) 2”, gedung ini hanya salah satu gedung arcade milik Sega! Kamu tetap bisa berkunjung ke Sega Akihabara Building 1, 3, dan 4!