Share on

Acara Produce 48 yang tengah ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi Korea Selatan, Mnet sejak bulan Juni tahun 2018 ini merupakan season ketiga dari acara serupa bernama Produce 101, yang telah ada selama dua tahun berturut-turut. Namun, sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, saat ini acara tersebut berkolaborasi dengan idol group kenamaan asal Jepang, 48 Group, sehingga membuat kompetisinya terbilang jauh lebih menarik.

Advertise With Us

Tiga orang jebolan Produce 101 yang kini tergabung sebagai grup K-Pop Gugudan, baru-baru ini juga berbagi saran untuk para kontestan Produce 48. Pada tanggal 10 Juli kemarin, Kim Se Jeong, Mina, dan Nayoung mengadakan sebuah acara showcase untuk perilisan album debut unit mereka yang bertajuk SEMINA. Ketiganya yang berpartisipasi dalam Produce 101 sebelum debut sebagai Gugudan, diminta untuk berbagi tips kepada para peserta di musim baru ini.

Jebolan Produce 101 Beri Saran Untuk Kontestan Produce 48: Ini Kompetisi, Bukan Perang
Soompi.com

"Tidak mudah untuk mengumpulkan banyak trainee di satu tempat. Waktu sangat berharga jadi saya berharap mereka tidak menyia-nyiakannya dalam persaingan. Ini bukan perang. Ini lebih seperti, 'Mari kita ciptakan panggung bersama'. ' Saya harap mereka tidak bersaing. Juga, saya dengar itu adalah kompetisi bersama antara Korea dan Jepang. Saya harap mereka menciptakan penampilan yang lebih menyegarkan dan menyenangkan," ujar Kim Se Jeong yang meraih peringkat kedua di episode terakhir Produce 101 season pertama.

Anggota lainnya, Nayoung juga turut menambahkan, "Kemudian selama promosi, saya ingat kami (melihat ke masa itu dan) mengatakan bahwa kami seharusnya lebih menikmatinya. Ada tekanan besar untuk melakukannya dengan baik tetapi saya harap mereka tahu bahwa waktu-waktu tertekan juga merupakan proses pembelajaran. Kami mampu tumbuh dalam waktu pembelajaran itu."

Produce 48 sendiri akan menayangkan episode kelimanya pada hari Jumat (13/7), setiap perserta menunjukan perkembangan yang sangat luar biasa, sehingga persaingan antara idol dari Jepang dan Korea Selatan semakin terasa ketat. Namun sayangnya, salah satu anggota idol group SKE48 yang paling dijagokan, Jurina Matsui justru dipastikan tak dapat melanjutkan aktivitasnya di program acara tersebut, setelah pihak manajemen mengumumkan bahwa gadis berusia 21 tahun tersebut jatuh sakit.