SHARE THIS ARTICLE

Ebi-shinjo, bakso udang rebus yang disajikan dengan saus (1) Hidangan ini menggunakan naga-imo atau ubi Cina. Bisa juga menggunakan yama-no-imo atau ubi Jepang yang lebih lengket, yang tumbuh di pedesaan Jepang. Ubi Jepang biasanya tumbuh menjadi berukuran sekitar 30 hingga 70 cm, tapi kadang hingga sepanjang 1,5 meter dan tebal sekitar 3 cm. Ubi ini ditanam secara komersial namun jarang tersedia di luar Jepang.

Jika ubi Cina tidak tersedia, Anda bisa mencoba menggunakan jenis ketela lainnya, seperti misalnya ubi air (water yam), yang tumbuh di kawasan tropis dan sub-tropis. Di beberapa daerah di dunia, kentang dan ubi juga disebut sebagai ketela. Namun jangan menggunakan keduanya untuk hidangan ini.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Ebi-shinjo, bakso udang rebus yang disajikan dengan saus (2)(Untuk membuat 8 bakso)
・12-14 udang (masih ada kulitnya, namun buang kepalanya, berat total sekitar 200 g)
・50 g nagaimo (ubi Cina)
・2 sendok makan putih telur
・1/3 sendok teh garam
・1/4 sendok teh gula
・2 sendok makan tepung
・2 sendok teh tepung kentang (jika tidak tersedia bisa diganti dengan tepung jagung/maizena)
・1 ruas jahe (ukuran 2 – 3 cm)
・4 okra

Cara Memasak

1. Cuci bersih udangnya, keringkan dalam saringan, lalu usap dengan tisu dapur untuk memastikan udangnya tetap lengket saat dicincang halus. Buang kulit dan kaki-kakinya. Buat irisan sepanjang punggung udang untuk membuang ususnya. Letakkan udang di atas bidang dan gunakan bagian bawah telapak tangan untuk melumatkan dagingnya. Lalu cincang halus daging yang telah dilumatkan, menggunakan bilah yang dekat dengan pegangan pisau. Pindahkan udang cincang halus yang lengket ke dalam cawan.

Ebi-shinjo, bakso udang rebus yang disajikan dengan saus (3)2. Kupas ubi Cinanya lalu parut ke dalam cawan yang lain. Pecahkan satu telur dan pindahkan 2 sendok makan putih telur ke dalam cangkir atau piring. Tambahkan garam dan gula pada udang, campur merata menggunakan tangan Anda, karena garam akan membantu menyatukan bahan-bahan. Berikutnya masukkan parutan ubi, putih telur dan tepung, lalu aduk lagi secara merata.

3. Didihkan 2 cangkir air. Kurangi apinya menjadi api kecil. Bagi campuran udang menjadi 8 porsi. Gunakan sendok makan yang sudah dibasahkan untuk menyendok setiap porsi. Gunakan sendok lain untuk membentuk setiap porsi menjadi bakso, kemudian masukkan bakso ke dalam air yang didihkan dengan api kecil selama 3-4 menit. Rebus 4 bakso secara bersamaan. Angkat menggunakan sendok berlubang.

Ebi-shinjo, bakso udang rebus yang disajikan dengan saus (4)4. Berikutnya buat sausnya. Pindahkan air rebusan dari kompor, saring lalu kembalikan ke dalam panci. Cicipi airnya dan tambahkan garam jika perlu. Airnya harus asin seperti sup. Larutkan 2 sendok teh tepung kentang dalam 1 sendok makan air. Aduk air rebusan dan tambahkan tepung kentang yang sudah larut. Nyalakan kompor dan panaskan airnya itu hingga mendidih dan kental.

5. Rebus okra setengah matang lalu rendam dalam air dingin. Iris okra memanjang menjadi 2 bagian. Kupas jahenya. Iris menjadi potongan tipis-tipis sepanjang alurnya. Cobalah mengiris setipis mungkin. Tumpuk-tumpuk irisan-irisan tersebut, lalu iris lagi menjadi potongan seperti jarum. Rendam jahe yang sudah diiris seperti jarum dalam air selama sekitar 5 menit untuk membuatnya renyah. Sajikan bakso dalam piring cekung atau cawan. Hiasi dengan irisan okra dan berikan sedikit saus. Hiasi permukaannya dengan sedikit jahe yang sudah diiris tadi.

Source : www3.nhk.or.jp
COMMENT