SHARE THIS ARTICLE

Duel samurai paling terkenal dalam sejarah Jepang terjadi 402 tahun yang lalu, di sebuah pulau kecil di Selat Kanmon, dekat Shimonoseki. Pada saat duel tersebut, nama pulau itu adalah Funa-jima, tapi setelah itu berganti nama menjadi Ganryuu, diambil dari nama jurus pedang yang dibuat oleh salah satu protagonis, Sasaki Kojiro.

Miyamoto Musashi vs Kojiro Sasaki, Pulau Ganryu, Shimonoseki
Miyamoto Musashi vs Kojiro Sasaki, Pulau Ganryu, Shimonoseki

Samurai lainnya adalah Miyamoto Musashi yang terkenal, dan duel mereka saat ini diwakili oleh patung yang mengesankan ini. Sasaki Kojiro memiliki pedang panjang yang terkenal yang disebut Monohoshi Zao (“Laundry-Drying Pole“), sementara Musashi memiliki bokken (pedang kayu)-nya yang sama-sama terkenal, yang (menurut legenda) dipahat dari sebuah dayung.

Bagaimana pertarungan itu terjadi tidak diketahui dengan jelas, ada banyak laporan yang bertentangan dan kebenarannya tidak mungkin untuk ditentukan. Menurut versi yang paling populer, Sasaki mencoba jurus “swallow cut” nya yang terkenal, tapi Musashi berhasil memukulnya di kepala dengan bokken-nya yang besar. Namun, ada banyak versi lain cerita, dan yang dapat dikatakan dengan pasti dari seluruhnya adalah bahwa Musashi memenangkan duel tersebut. Namun, ada hal yang sangat menarik, yaitu pulau itu dinamai Sasaki.

Source : muza-chan.net
COMMENT