Share on

Miyajima yang terkenal di perfektur Hiroshima merupakan tempat yang menarik di Jepang. Pulau yang dikelilingi oleh gunung-gunung lengkap dengan tempat-tempat suci yang berabad-abad lengkap dengan keindahan alamnya yang ditutupi dengan hutan yang rimbun, serta rusa liar yang berkeliaran dan berjalan dengan tenang. Selain itu, terdapat pemandangan indah dari gerbang torii Kuil Itsukushima di tengah laut yang menjadi salah satu situs wisata terkenal di Hiroshima.

Advertise With Us

Para Turis di Jepang Tidak Sadar Bahwa Tingkah Laku Mereka Telah Merusak Situs Wisata Terkenal
(image : The True Japan)

Ketika air surut, banyak orang yang mengabadikan foto mereka di bawah gerbang torii  tersebut.

Ketika air surut, kita dapat melihat beberapa retakan dan celah-celah pada kayu penyangga gerbang tersebut. Retakan tersebut merupakan akibat lamanya kayu terendam oleh air. Namun sayangnya kerusakan tersebut ditambah parah oleh para tingkah laku wisatawan yang berusaha menjejalkan koin kedalam celah yang ada pada kayu tersebut. Kejadian ini diduga karena para wisatawan percaya apabila mereka menyelipkan koin disana, keberuntungan akan mengikutinya.

Salah satu pengguna twitter Jepang yang memiliki akun bernama @riyusuisuiriyu baru-baru ini mengunggah foto kerusakan yang terjadi dan memohon agar para wisatawan berhenti untuk melakukan hal yang dapat merusak salah satu situs wisata terkenal ini.

Jika ini terus berlanjut, torii ini mungkin akan runtuh ... Lihatlah semua koin itu. Orang-orang menggiring mereka ke celah-celah, dan kemudian retakan pun menjadi lebih besar ... Saya tidak suka melihat torii yang merupakan bagian dari situs Warisan Dunia UNESCO ini hilang. Ingat, ini adalah tempat suci, bukan taman hiburan

Perlu dicatat bahwa Jepang memang memiliki praktik tradisional untuk menyumbangkan koin ke kuil yang sering dianggap memberi keberuntungan, kesehatan, atau manfaat lainnya kepada mereka yang melemparkan koin ke dalam kotak di depan altar. Kemungkinan tersebut membuat orang-orang mulai memasukkan koin ke dalam torii Miyajima sebagai dampak dari kebiasaan itu, namun kepercayaan Shinto tidak mengajarkan untuk memaksa koin masuk ke dalam torii.

Kerusakan ini pun mengundang berbagai komentar netizen seperti :

"Sangat mengerikan bahwa torii malang tersebut harus tahan dengan kejadian ini." "Sepertinya sakit sekali." "Kalian harus benar-benar bodoh memikirkan ini akan membawa keberuntungan bagi Kalian." "Melakukan itu bisa memberi Kalian beberapa karma buruk."

Jadi hal yang perlu diingat oleh kita semua, berhati-hatilah saat melakukan apapun di situs-situs wisata dan cagar budaya, karena meski mungkin sepintas hal yang kita lakukan tidak merusak, namun sebenarnya bisa berakibat fatal bagi situs-situs tersebut!

(featured image : The True Japan)