Share on

Hinnagami merupakan sebuah boneka anak perempuan yang dipercaya dapat mengabulkan apapun permintaan dari pemiliknya. Boneka ini akan membuat siapapun pemiliknya menjadi cepat kaya dan kuat, dan siapapun yang tiba-tiba kaya mendadak dan juga kuat dipercaya memiliki ‘peliharaan’ berupa boneka Hinnagami.

Hinnagami merupakan roh yang kuat dari Prefektur Toyama yang tinggal di dalam sebuah boneka dan akan mengabulkan apapun permohonan pemiliknya.

Mengenal Hinnagami, Jimat Enteng Rejeki Kepercayaan Orang Jepang
sumber: yokai.com

Boneka ini akan terus menuntut permintaan baru jika permintaan sebelumnya telah dikabulkan. Kalian akan dibuat bingung dengan kalimat yang terus menerus diucapkan oleh boneka ini “Apa Selanjutnya?” jika kalian belum menyiapkan keinginan baru untuk dikabulkan. Pola tersebut akan terus berlanjut sampai kapan pun karena pada dasarnya, boneka ini diciptakan dari salah satu sifat tamak manusia yang tak pernah habis.

Perlu kalian ketahui bahwa ikatan antara Hinnagami dan pemiliknya sangat-sangat kuat, bahkan kematian pun tidak dapat memutuskan ikatan keduanya. Ketika penciptanya meninggal, dia akan mengikuti mereka ke neraka dan meghantui mereka selamanya.

Hinnagami sendiri bukanlah boneka biasa yang mudah didapatkan atau diperjualbelikan melainkan didapatkan dari sejumlah ritual yang sangat rumit. Satu buah boneka ini merupakan sebuah boneka yang dibuat oleh satu orang saja, dan siapapun bisa membuat boneka penuh kutukan ini.

Hinnagami diciptakan melalui ritual yang panjang dan rumit. Ada beberapa macam metode untuk membuat Hinnagami ini tergantung dari siapa kalian mendengarnya.

Untuk ritual yang umum, orang yang ingin membuatnya harus mulai mengumpulkan tanah kuburan yang telah diinjak oleh orang-orang pada siang hari, tanah kuburan ini harus dikumpulkan dengan cara demikian setiap malam selama tiga tahun lamanya.

Untuk Hinnagami yang lebih kuat, kalian harus megambil tanah dari tujuh kuburan berbeda yang berada di tujuh desa berbeda juga. Setelah terkumpul, tanah kuburan tersebut kemudian dicampur dengan darah sampai menjadi seperti tanah liat. Kemudian dibentuk menjadi sebuah boneka yang mewakili dewa atau roh yang dipuja oleh calon pemiliknya. Selanjutnya, boneka tersebut ditaruh dan ditinggalkan dijalan yang sibuk (jalanan utama di kota) sampai diinjak oleh seribu orang. Kemudian si pembuat akan mengambil boneka tersebut yang telah menjadi Hinnagami.

Mengenal Hinnagami, Jimat Enteng Rejeki Kepercayaan Orang Jepang
(Gambar: @senpai_fuu/Instagram)

Metode lainnya ialah mengumpulkan batu kuburan dan mengukirnya menjadi seribu boneka kecil, dengan masing-masing panjangnya sekitar 9 cm. boneka-boneka ini kemudian direbus dalam panci besar sampai hanya satu yang naik ke permukaan. Boneka yang mengambang konon mengandung jiwa gabungan dari seluruh boneka yang berjumlah seribu tersebut. Boneka tersebut akan menjadi jenis khusus dari Hinnagami yang disebut Kochobbo.

Tertarik untuk membuat boneka Hinnagami dan menerima resikonya?  

Sumber: yokai