Share on

Bagi para pecinta anime dan drama, pasti tidak asing dengan kata sumimasen, yang sering dipakai ketika orang Jepang minta maaf pada orang lain. Saking seringnya kata-kata tersebut ke luar dari mulut suatu karakter di anime dan drama, sampai-sampai kita bertanya-tanya, “mengapa orang Jepang sering meminta maaf?” kan? Padahal sebenarnya bukan begitu, karena sumimasen sebenarnya memiliki arti lain selain meminta maaf. Jadi, bukan berarti orang Jepang selalu meminta maaf lho. Nah, apa arti sumimasen yang lain?

Sumimasen sebagai kata permintaan maaf

Mengapa Orang Jepang Sering Meminta Maaf dengan Kata Sumimasen?
Ilustrasi meminta maaf (pakutaso.com)

Sumimasen memang sering digunakan untuk meminta maaf. Namun, ada yang perlu diperhatikan nih, ternyata sumimasen digunakan untuk permintaan maaf yang “ringan” seperti ketika kita menyenggol orang tanpa sengaja, atau meminta maaf ketika teleponmu berdering di tengah rapat. Intinya, kata ini digunakan ketika kamu merasa sedikit menggangu orang lain.

Nah, jika kamu melakukan kesalahan lebih besar, minta maaflah dengan kata “gomennasai” (tolong maafkan aku). Nah, jika ingin meminta maaf dengan sangat sopan karena keselahan cukup besar, kamu bisa mengatakan (gomeiwaku wo okake shite) mshiwake gozaimasen (moushiwake arimasen) or owabi moushiagemasu. Jika meminta maaf pada orang lain secara langsung, jangan lupa menundukkan kepalamu ya.

Katakan sumimasen ketika ingin meminta sesuatu

Mengapa Orang Jepang Sering Meminta Maaf dengan Kata Sumimasen?
Menggunakan sumimasen ketika ingin memesan makanan (livejapan.com)

Selain meminta maaf orang Jepang juga biasanya menggunakan kata sumimasen ketika ingin meminta sesuatu. Misalnya, ketika kamu tersesat dan ingin menanyakan jalan pada seseorang, kata yang biasa digunakan adalah “sumimasen, eki wa doko desu ka?” (Permisi, apakah anda tahu jalan menuju stasiun?). Kata sumimasen yang berarti “permisi” ini juga dapat dgunakan untuk meminta izin agar diberi jalan ketika ingin ke luar dari lift padat dengan mengucapkan “sumimasen, oriru no de tshite kudasai (permisi, saya ingin lewat), atau ketika inin memesan seuatu di restoran dengan mengucapkan, “sumimasen, choumon o shitai no desu ga” (Permisi, saya mau memesan).

Sumimasen bisa jadi ungkapan rasa apresiasi dan terima kasih!

Mengapa Orang Jepang Sering Meminta Maaf dengan Kata Sumimasen?
Mengungkapkan terima kasih (pakutaso.com)

Tidak hanya untuk meminta maaf dan meminta sesuatu, ternyata arti sumimasen juga bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa apresiasi dan terima kasih lho.

Memang benar jikaorang Jepang mengatakan arigatou gozaimasu ketika ingin mengungkapkan rasa terima kasih, namun ketika seseorang mengembalikan barangmu yang hilang, orang Jepang lebih sering mengucapkan (okizukai itadaki) sumimasen yang berarti  “terima kasih untuk perhatian anda”. Nah, dalam situasi ini, sumimasen digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih karena kebaikan orang lain. Kata sumimasen juga kerap kali digunakan karena terlihat lebih memperhatikan keadaan dan perasaan orang lain yang merupakan bagian dari budaya Jepang.