Share on

Kuil Kasuga Taisha yang berada di Nara termasuk salah satu tempat paling keramat di Jepang. Kuil ini juga merupakan salah satu tempat unik, dimana terdapat beberapa dewa yang dipuja sehingga menarik para pengikut dan juga turis yang mencari pengalaman Shinto.

Kuil Kasuga Taisha di Nara Yang Didiami oleh Berbagai Dewa
(gambar: JNTO)

Kuil ini dibangun pada tahun 768 oleh Klan Fujiwara. Jika biasanya kuil di Jepang memuja satu atau dua dewa, berkat pengaruh klan Fujiwara kuil ini memuja 4 dewa utama termasuk Futsunushi no Mikoto dari Chiba, Takemikazuki no Mikoto dari Ibaraki, serta Amenokoyane no Mikoto dan Himegami dari Osaka yang masing-masing memiliki kuilnya sendiri. Disamping kuil utama, terdapat 12 kuil lainnya yang lebih kecil dan masing-masing didedikasikan untuk 12 dewa keberuntungan di Jepang.

Kuil Kasuga Taisha di Nara Yang Didiami oleh Berbagai Dewa
Wisteria di Shinen Manyo Botanical Garden (gambar: JNTO)

Kuil Kasuga Taisha ini dikenal dengan warna dan tempatnya yang fotogenik, dan tempat ini juga memiliki spot populer yang disebut Shinen Manyo Botanical Garden yang memiliki lebih dari 200 jenis tumbuhan, salah satunya adalah bunga Wisteria yang mekar akhir bulan April hingga awal bulan Mei yang menjadi favorit pengunjung.

Kuil Kasuga Taisha di Nara Yang Didiami oleh Berbagai Dewa
(gambar: JNTO)

Selain itu kuil ini juga terkenal dengan banyaknya lentera yang berjumlah lebih dari 3,000 buah dan terpasang di kedua sisi jalan menuju bangunan utama. Di kuil ini juga diadakan Festival Lentera Mantoro yang diadakan pada bulan Februari dan pertengahan bulan Agustus dimana cahaya lentera akan menghiasi area dari kuil.

Bagi yang sedang berkunjung ke kuil ini, didekatnya juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya seperti Museum Kasuga Taisha yang memiliki berbagai koleksi mulai dari pedang, armor, dan barang penting lainnya yang didedikasikan untuk para dewa sejak abad ke-8. Selain itu kalian juga bisa mengunjungi Taman Nara, Gunung Wakakusa, Kuil Todaiji, dan Kuil Kofukuji yang bisa menjadi pilihan saat melakukan liburan di Nara.

Kuil Kasuga Taisha Alamat: 160 Kasugano-cho, Nara-shi, Nara-ken jam buka: 06.00 - 18.00 (April - September), 06.30 - 17.00 (Oktober - Maret) Biaya: Dewasa 500 yen, SMA/Kuliah 300 yen, SD/SMP 200 yen Website

 

Featured image: 663highland // CC BY 2.5 Source: JNTO