Share on

Memasuki bulan Oktober, kamu mungkin bisa melihat banyak toko dan sudut jalan yang didekorasi dengan Jack-O-Lantern dan dekorasi Halloween lainnya. Entah bagaimana, orang Jepang telah mengubah hari Halloween menjadi perayaan dengan gaya Jepang mereka sendiri. Halloween di Jepang memang sangat populer, tetapi tidak dirayakan dengan cara yang sama seperti Halloween yang asli. Bukanlah hal yang aneh di Jepang untuk melihat orang-orang mengenakan kostum Halloween mereka di jalanan seminggu sebelum tanggal 31.

Advertise With Us

Jepang Memiliki Festival Arwahnya Sendiri

Obon Matsuri atau Festival of the Spirits diadakan di Jepang pada tanggal 15 Agustus setiap tahun. Tetapi festival ini berbeda dengan Halloween. Saat Obon, orang-orang melakukan penghormatan kepada arwah leluhur seseorang, sementara saat Halloween, orang-orang menyamar untuk menghindari arwah jahat yang ada di antara manusia.

Selain itu, Halloween di Jepang telah berevolusi. Alih-alih berdandan seperti hantu yang menakutkan, orang-orang bisa berdandan sebagai karakter yang tidak berbahaya, dan terkadang bahkan karakter fiksi yang lucu.

Kontribusi Taman Hiburan Jepang

Pada tahun 2002, Universal Studios Japan memperkenalkan event "Hollywood Halloween", poin yang mendukung berkembangnya popularitas Halloween bergaya Barat di Jepang, dan membawa kesuksesan bagi perusahaan. Beberapa tahun sebelumnya, Disney Land Tokyo melakukan hal yang sama dengan mengadakan pesta karakter Disney yang mengenakan kostum Halloween berwarna oranye-ungu selama parade. Kedua taman hiburan ini telah berkontribusi dalam mempopulerkan Halloween di Jepang.

Halloween = Festival Cosplay Terbesar di Jepang

Halloween di Jepang
Halloween di Jepang (jrailpass.com)

Kita berbicara tentang Jepang, negara cosplay terbesar di dunia, tempat di mana seluruh konsep cosplay berakar. Jadi, tentu saja, mereka pandai berdandan, dan tradisi apa pun yang melibatkan kostum akan mudah beradaptasi di sini. Ada beberapa tren cosplay yang paling populer di kalangan wanita Jepang seperti cat girl, perawat seksi, dan anak sekolah. Dengan mengunjungi satu parade Halloween di Jepang, kamu akan dapat melihat semua jenis kostum.

Selain itu, gaya street fashion Jepang sangat cocok untuk semangat Halloween. Gadis-gadis Harajuku? Lolita? Semuanya cocok! Saat hari Halloween di Jepang tiba, yang perlu kamu lakukan hanyalah pergi keluar dengan street fashion paling gila dan BOOM, kamu akan diundang ke pesta.

Halloween di Jepang
Halloween di Jepang (livejapan.com)

Meskipun salah satu tradisi Halloween yang paling penting adalah "Trick or Treat", tetapi hal ini tidak mendapatkan banyak perhatian di Jepang. Di sini, kamu hanya perlu bersaing dalam hal kostum! Tidak salah untuk mengatakan bahwa Halloween di Jepang adalah Festival Cosplay terbesar, terutama untuk orang dewasa!

Investasi di Saat Halloween

Starbucks edisi Halloween

Inilah yang diincar perusahaan produk dan penjual produk di Jepang. Uang yang mereka dihabiskan untuk produksi, dekorasi, kostum, diskon, kebijakan bonus, dan sebagainya yang berhubungan dengan Halloween, semuanya dilakukan untuk investasi yang besar selama periode Halloween!

Singkatnya, Jepang menjadi pasar yang menarik karena dengan banyaknya produk mereka yang luar biasa dan sangat dikomersialkan, banyak penekanan diberikan pada merchandising dan promosi. Kamu mungkin akan melihat Kit-Kat rasa labu di seluruh supermarket Jepang, atau mungkin pocky dan berbagai jenis makanan ringan, semuanya dalam nuansa oranye dan ungu dengan gambar labu pada kemasannya.

Meskipun di kota-kota besar Halloween tampaknya mendapatkan popularitas yang signifikan karena cosplay, tetapi di kota-kota kecil mereka cenderung berinvestasi lebih banyak untuk dekorasi dan pesta di klub atau pub daripada cosplay.