Share on

Yanai adalah kota kecil yang terletak di Prefektur Yamaguchi yang pernah menjadi pusat perdagangan yang ramai pada periode Edo. Jalan utama kota tua yang disebut Shirakabe Street (karena semua bangunan rumah, toko, gudang lama disini berdinding putih) telah didaftarkan kedalam golongan bangunan tradisional yang dilestarikan di Jepang. Bangunan disini beberapa boleh dimasuki oleh umum, salah satunya adalah Muroya no Sono Merchant House, yang berjarak 400 meter dari stasiun. Yanai juga menjadi tempat diadakannya Kingyo Chochin Matsuri, festival lampion ikan mas yang diadakan setiap tanggal 13 Agustus.

Advertise With Us

Berada di samping sungai yang digunakan untuk bongkar muat barang perahu, tempat ini dulu dimiliki oleh Keluarga Oda, salah satu pedagang minyak terkemuka di Jepang Barat. Minyak yang dijual oleh keluarga Oda adalah nanohana (minya rapa) yang digunakan untuk menyalakan lampu minyak atau memasak.

Tempat ini mempunyai luas 800 tsubo atau 2.500 m2 dan terdiri dari 11 bangunan. Bangunan tertua berusia lebih dari 300 tahun dan ada bangunan yang berisi alat untuk mengekstrak minyak dari rapa. Di Muroya no Sono Merchant House juga terdapat taman kecil yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan ini.

Ruangan-ruangan Muroya no Sono Merchant House dapat dimasuki dan dipenuhi dengan artefak. Ada karya seni, pusaka, boneka, armor Jepang, dan tandu yang digunakan sebagai alat transportasi. Di salah satu ruangan juga terdapat berisi bermacam-macam alat yang digunakan pada zaman dahulu.

muroya no sono

muroya no sono

Muroya no Sono Merchant House dibuka dari pukul 9 sampai 5 sore. Untuk masuk ke dalamnya, orang dewasa harus membayar 450 yen, pelajar sekolah menengah membayar 350 yen, dan anak-anak 300 yen.

Alamat: 439 Kanaya, Yanaitsu, Yanai

 

Source & all images: japanvisitor, city-yanai