Share on

Sant Juan Bautista Museum adalah sebuah fasilitas budaya dan edukasi yang menjaga dan menyampaikan informasi mengenai Misi Diplomasi Keicho dari Tsunenaga Hasekura. Disini juga terdapat replika dengan ukuran sebenarnya dari kapal Sant Juan Bautista, kapal galleon yang digunakan oleh Hasekura dalam perjalanannya ke Eropa pada abad ke-17 dan berbagai pameran lainnya yang menjelaskan tentang detail dari misi Hasekura tersebut.

Advertise With Us

Melihat Replika Kapal Bersejarah di Sant Juan Bautista Museum
(Gambar: Sant Juan Bautista Facebook)

Sant Juan Bautista dibangun pada abad ke-17 atas perintah dari Masamune Date, penguasa daerah Sendai. Kapal ini juga menjadi kapal kayu bergaya barat pertama yang dibangun di Jepang dan melakukan 2 kali perjalanan bolak-balik melalui samudra Pasifik.

Melihat Replika Kapal Bersejarah di Sant Juan Bautista Museum
Tsunenaga Hasekura © 2017 公益財団法人 慶長遣欧使節船協会

Pada tanggal 28 Oktober 1613, kapal ini berlayar dari Teluk Tsukinoura di Ishinomaki menuju Mexico dengan membawa Tsunenaga Hasekura yang merupakan seorang samurai pengikut Date, dalam sebuah misi yang dikenal dengan Misi Diplomasi Keicho dalam perjalanannya menuju Roma.

Melihat Replika Kapal Bersejarah di Sant Juan Bautista Museum
© 2017 公益財団法人 慶長遣欧使節船協会

Di museum ini, pengunjung dapat menaiki kapal replika yang dibangun pada tahun 1993 ini dan menjelajahi bagian atas dan bawah dek, dimana terdapat berbagai mannequin yang menggambarkan orang-orang yang terlibat dalam misi diplomasi tersebut, dan petunjuk-petunjuk yang menjelaskan bagian-bagian dari kapal yang juga tersedia dalam bahasa Inggris.

Melihat Replika Kapal Bersejarah di Sant Juan Bautista Museum
© 2017 公益財団法人 慶長遣欧使節船協会

Selain replika kapal yang menjadi daya tarik utamanya, terdapat juga sebuah bangunan museum yang menampilkan berbagai informasi mengenai kapal Sant Juan Bautista dan misi Keicho ini, seperti sebuah video simulasi tentang sejarah kapal dan detail pembangunannya. Kapal replika ini juga pernah mengalami kerusakan ketika terjadi Tsunami pada tahun 2011 silam, hingga akhirnya ditutup untuk diperbaiki dan dibuka kembali pada tahun 2013.

Melihat Replika Kapal Bersejarah di Sant Juan Bautista Museum
(gambar: Sant Juan Bautista Facebook)

Di area museum juga terdapat workshop yang menawarkan pengalaman beraktivitas yang berhubungan dengan kapal, seperti ropework, puzzle kayu, dan terdapat juga panel yang menampilkan bagaimana kapal replika ini dibangun. Bagi yang ingin membeli hadiah, terdapat juga toko suvenir yang menyediakan berbagai macam barang Sant Juan Bautista original dan barang lainnya.

*Pada saat ini kapal replika tersebut tidak dapat dimasuki hingga waktu yang belum ditentukan karena keadaan lambung kapal yang memburuk. Dengan ini biaya masuk menuju museum diturunkan 50% menjadi 350 yen.

Sant Juan Bautista Museum Alamat: Watanoha Aza Omori 30-2, Kota Ishinomaki, Prefektur Miyagi Jam buka: 09.30 – 16.30 (Tutup hari Selasa) Biaya: 700 yen, dibawah 18 tahun gratis (saat ini 350 yen karena replika kapal tidak dapat diakses) Website

 

Featured image: Website resmi museum Source: japan-guide. website resmi museum