Share on

Jepang tidak melulu terkenal karena animenya kok! Sebab negara ini  memiliki banyak penemuan unik dan karya seni di luar nalar terutama seni kontemporer. Apa itu seni kontemporer? Dilansir dari widewalls, seni kontemporer adalah seni yang dipengaruhi oleh ide-ide modern menghasilkan karya seni yang unik, dinamis, dan berbeda dengan seni tradisional. Jepang adalah tempat para seniman membawa karya seni mereka dalam skala global. Nah, di bawah ini ada 6 seniman kontemporer Jepang dengan instalasi seninya yang legendaris, yuk kenalan dengan mereka!

Advertise With Us

1. Yayoi Kusama

Dengan perjalanan karir yang luar biasa selama tujuh dekade, Yayoi Kusama telah menjelajahi ranah seni lukis, kolase, patung, pertunjukan, seni grafis, dan instalasi dan seni lingkungan. Kusama telah mengembangkan gaya seni polkadot yang sangat khas, yang sejak itu menjadi ciri khasnya. Salah satu karyanya adalah Love is Calling, ruangan yang dipenuhi dengan polkadot dan cermin 'tanpa batas' yang memantulkan cahaya berwarna-warni.

instalasi seni unik, seniman kontemporer Jepang
Instalasi seni berjudul Love is Calling oleh Yayoi Kusama (bostonglobe.com)

2. Tatsuo Miyajima 

Tatsuo Miyajima adalah seorang pematung dan seniman instalasi yang karyanya berpusat pada penggunaan teknologi kontemporer seperti sirkuit listrik, video dan komputer. Instalasi Jam LED-nya menampilkan pengulangan angka dari 1 hingga 9, melambangkan perjalanan dari kehidupan ke kematian, tetapi menghindari akhir, yang diwakili oleh 0 dan tidak pernah muncul dalam karyanya. Angka-angka yang selalu muncul dalam karyanya menyatakan minatnya pada aliran waktu dan ruang. Baru-baru ini, karya Miyajima berjudul Arrow of Time (Unfinished Life) dipamerkan di pameran perdana Met Breuer, Unfinished: Thoughts Left Visible di New York City.

instalasi seni unik, seniman kontemporer Jepang
Arrow of Time oleh Tatsuo Miyajima (tatsuomiyajima.com)

3. Chiharu Shiota

Chiharu Shiota adalah seniman yang menciptakan instalasi visual berskala besar dan berfokus pada  satu lokasi. Inti dari praktiknya adalah tema ingatan dan dilupakan, mimpi dan kenyataan, masa lalu dan sekarang, dan konfrontasi kecemasan. Karya-karyanya yang paling terkenal melibatkan jaring hitam yang tidak bisa ditembus yang melingkupi berbagai benda seperti kursi tua, piano yang terbakar, gaun pengantin, dan terkadang sang seniman sendiri. Menakjubkan!

instalasi seni unik, seniman kontemporer Jepang
Karya seni Counting Memories (chiharu-shiota.com)

4. Ryoji Ikeda

Ryoji Ikeda adalah seniman suara yang melibatkan karya seninya dengan suara bising yang frekuensinya hampir di luar batas pendengaran manusia. Karya seninya yang mendalam terdiri dari suara yang dihasilkan komputer yang diubah secara visual menjadi proyeksi video, atau pola digital. Karya audiovisual Ikeda menggunakan skala, cahaya, bayangan, volume, bayangan, suara dan ritme elektronik untuk membanjiri indera. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Test pattern [no. 5] yaitu lima proyektor yang menerangi ruang lantai dengan panjang 28 meter (92 kaki) dan lebar 8 meter. Instalasi mengubah teks, suara, foto dan film menjadi barcode dan pola biner dari angka nol, seperti di bawah ini:

instalasi seni unik, seniman kontemporer Jepang
Test pattern [no. 5] oleh Ryoji Ikeda (ryojiikeda.com)

5. Mariko Mori

Mariko Mori menciptakan karya multimedia dalam video, fotografi, media baru, dan seni instalasi. Dia mengekspresikan visi minimalis, futuristik melalui bentuk-bentuk yang halus dan surealis. Karya Mori seringkali bertema penjajaran mitologi Timur dengan budaya Barat, dia menjadi terkenal dengan Wave UFO, dan memulai debutnya di Kunsthaus Bregenz, Austria, pada tahun 2003. Baru-baru ini, instalasinya berjudul Ring: One With Nature telah dipasang di atas air terjun yang indah di Visconde Mauá di Resende, tidak jauh dari Rio de Janeiro.

instalasi seni unik, seniman kontemporer Jepang
Ring of Nature di atas air terjun yang indah di Visconde Mauá (artreview.com)

6.  Takashi Murakami

Takashi Murakami adalah salah satu seniman kontemporer paling ikonik di Jepang. Dari lukisan hingga patung skala besar dan kolaborasi mode, karya Murakami dipengaruhi oleh manga dan anime. Dia adalah pendiri gerakan Superflat, tradisi Jepang dalam meninggalkan warisan citra datar dua dimensi, dengan penekanan pada bidang datar warna, yang tertuang dalam budaya kontemporer yaitu manga dan anime.

instalasi seni unik, seniman kontemporer Jepang
Takashi Murakami mengadakan pameran di Jepang bulan Januari 2020 (jw-webmagazine.com)