Share on

Belum lengkap rasanya datang ke Nagoya tanpa berkunjung ke Kastil Nagoya, Kastil Nagoya terletak di kota Nagoya, prefektur Aichi di area Chubu, Jepang. Kastil yang dibangun pada zaman Edo atas perintah Ieyasu Tokugawa (Shogun pertama dari pemerintahan Tokugawa) ini merupakan kastil pertama di Jepang yang dikategorikan sebagai harta Nasional dan merupakan salah satu kastil terbesar yang ada di Jepang.

Kastil utamanya sendiri saat ini sedang tidak bisa dimasuki karena pemerintah setempat sedang berencana untuk merestorasi ulang area tersebut, jadwalnya sendiripun direncanakan akan selesai pada tahun 2020 mendatang. Namun, masih banyak area lain yang bisa dinikmati bila kalian berkunjung kesini salah satunya yaitu Honmaru Palace atau Honmaru Goten.

Setiap kali mendengar kastil di Jepang, seringkali orang tertuju pada bagian benteng yang merupakan salah satu bagian dari area kastil itu sendiri selain Honmaru Palace. Benten yang besar itu digunakan sebagai fasilitas militer, sedangkan Honmgaru Palace digunakan sebagai tempat tinggal. Kali ini tim Japanese Station akan membawa kalian menyusuri berbagai area di Honmaru Palace ini.

  Atas : Benteng Kastil Nagoya, Bawah : Honmaru Palace

Honmaru Palace dibangun pada tahun 1615 atas perintah Ieyasu Tokugawa dan digunakan sebagai tempat tinggal serta kantor pemerintahan pada masanya. Area kastil ini sempat hancur diakibatkan perang dunia ke-2 dan mulai di restorasi pada tahun 2009 hingga seluruh bagian rampung serta dibuka untuk umum pada tahun 2018. Honmaru Palace ini terbagi menjadi tiga area utama diantaranya Omoteshoin Area (tempat para pengunjung bertemu dengan Shogun), Taimenjo Area (tempat pertemuan pribadi), Jorogaku-Den (Tempat khusus Shogun).

Omoteshoin Area

Area pertama yang akan kalian temui saat masuk yaitu Nakanoguchi, sebuah area dimana kepala retainer bertemu, namun sekarang dipakai menjadi bagian dari pintu masuk, terdapat ruang resepsionis dan loker sepatu gratis untuk menyimpan sepatu kalian karena untuk memasuki Honmaru Palace ini tidak diperkenankan untuk memakai sepatu.

  Area Penitipan Sepatu

Lalu setalah itu kalian akan diarahkan menuju lorong yang memiliki dua ruangan. Pada zaman dahulu, bila kalian ingin bertemu seseorang di Honmaru Palace, kalian diharuskan menunggu di tempat ini sebelum kalian dapat persetujuan untuk bertemu orang tersebut.

Terdapat sebuah lukisan harimau dan macan tutul pada pintu lipat dan dinding di tempat ini, melambangkan keseriusan sang Shogun terhadap para pengunjungnya. Lukisan yang di tempel merupakan replika dari tulisan aslinya, namun di beberapa kesempatan, lukisan aslinya akan dipamerkan juga, jadi bila kalian ingin melihat lukisan aslinya kalian harus mengecek jadwalnya terlebih dahulu

Area Omoteshoin & Pameran Lukisan Aslinya

Selanjutnya adalah ruangan Omoteshoin, pada zaman Edo Omoteshoin disebut dengan Hiroma, sebuah area dimana para pengunjung mendapatkan izin untuk bertemu sang Shogun. Di Area ini terdapat empat ruangan dengan lukisan yang berbeda-beda.

  Area Omoteshoin

Taimenjo Area

Dibandingkan dengan Omoteshoin, area ini merupakan area yang lebih pribadi untuk bertemu dengan Shogun, selain itu tempat ini juga merupakan tempat berkumpul dengan keluarga dan sempat dijadikan tempat pernikahan Yoshinao Tokugawa (putra kesembilan Ieyasu Tokugawa), ruangannya juga lebih mewah bila dibandingkan dengan Omoteshoin. Ruangan di area Taimenjo ini diantaranya Shimogozenyo, Kujyakunoma, Yanaginoma, dan Kamidaidokoro.

    Area Taimenjo

Mengikuti alur Honmaru Palace, kalian akan menemukan ruangan penyimpanan Nando Ichinoma dan Nando Ninoma, kedua ruangan ini dihias dengan lukisan gunung, air, bunga, dan burung. Kalian juga bisa memasuki ruangan Nando Ninoma, Shouji atau pintu kertas di ruangan ini sengaja di hilangkan agar pengunjung dapat lebih leluasa dalam melihat ruangan ini.

Joraku Den Area

Selanjutnya adalah Joraku Den area, Joraku Den dibuat sebagai tempat menginap Iemitsu Tokugawa (Shogun ketiga) ketika akan berkunjung ke Kyoto, karena Joraku sendiri memiliki arti pergi ke Kyoto. Area ini meliputi Sagino rouka, Joraku den, Umeno ma, Jogozenjo, Yuden shoin, dan Kuroki shoin. Karena Yuden shoin dan Kuroki shoin memiliki ruang terbatas, kalian hanya bisa memasukinya bila kalian mengikuti Tour Guide.

           Area Jiroku Den

Dimulai dari ruangan Sagino Rouka yang merupakan tempat khusus bagi Shogun, tempat ini sangat mewah dan lebih lebar dihiasi lukisan dengan pemandangan musim dingin yang ditutupi salju. Ada empat kamar di sini; Sanno ma, Nino ma, Ichino ma, dan Jodanno ma. Kamar yang cantik dan mewah sudah terlihat sekali bahwa ini merupakan tempat untuk Shogun. Empat lukisan yang menghiasi ruangan Sanno ma merupakan Shiki Kacho Zu (empat musim dengan bunga dan burung) yang digambarkan berlawanan dengan arah jarum jam.

Selanjutnya adalah Kamigozenjo & Shimogozenjo yang merupakan area dimana makanan dihangatkan dan menjadi tempat yang bertanggung jawab atas semua makanan yang disajikan di Joraku Den.

   Area Kamigozenjo & Shimogozenjo

Banyak sekali hal-hal yang bisa kalian temui disini, seperti bentuk atap yang berbeda-beda di tiap ruangan, serta Kugikakushi (penutup paku) dan Hikite (pengangan pintu) dengan bentuk yang berbeda-beda tergantung kelas atau tingkatan di setiap ruangan.

  Detail yang ada di seluruh ruangan Honmaru Palace

Rute Menuju Kastil Nagoya

Honmaru Palace merupakan salah satu bagian dari keseluruhan Kastil Nagoya, tidak dipungut biaya untuk memasuki tempat ini, namun kalian diharuskan membayar biaya untuk memasuki Kastil Nagoya sebesar 500 Yen.

Dari Stasiun Nagoya, kalian bisa menaiki Sakuradori Subway Line menuju Hisayaodori Station, lalu berpindah ke Meijo Subway Line menuju Shiyakusho Station dari sini kalian hanya perlu berjalan kaki sekitar 3 menit menuju pintu masuk selatan Kastil Nagoya. Total perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit dengan biaya sekitar 240 yen.

Kalian juga bisa menaiki Meguru tourist loop bus setiap 25 menit yang akan mengantarkan kalian menuju pintu masuk utama Kastil Nagoya dengan biaya sekitar 200 yen. Kastil Nagoya ini dibuka untuk umum setiap hari mulai dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore dan tutup setiap tanggal 29 Desember hingga 1 Januari.