Share on

Sebelum pahatan di gunung Rushmore yang ada di Amerika Serikat untuk menghormati empat presidennya dikerjakan sampai tahun 1941, Jepang sudah membuat pahatan tokoh-tokoh Buddha serta sosok Buddha sendiri di gunung vulkanik berbatu sejak tahun 1864. Bernama Juroku Rakan Iwa (十六羅漢岩), pahatan itu berada di gunung Chokai yang berada di perbatasan selatan Akita dan prefektur Yamagata, Tohoku. Apa kalian bisa menemukannya dalam foto di bawah ini?

Juroku Rakan Iwa, 'Rushmore' Lokal-nya Orang Jepang
(gambar: mapio)

Dibuat selama empat tahun, monumen ini masuk daftar 100 Situs Peninggalan di Desa Nelayan Jepang. Wajah yang terpahat di sini merupakan wajah dari 22 tokoh kepercayaan Buddha. Ide pembuatan pahatan tersebut berasal dari pendeta kuil Fukura Kaizen bernama Kankai untuk berkabung bagi nelayan dan pelaut yang tenggelam serta mendoakan keselamatan mereka yang berada di tengah laut.

Ekspresi tokoh-tokoh ini menggambarkan perilaku baik seperti kasih sayang dan ketakwaan dari 16 arahat (seseorang yang terbebas dari hawa nafsu dalam kepercayaan Buddha), sang pendiri Buddha - Siddhartha Gautama, dan lima tokoh suci lain. Jangan heran melihat koin-koin berserakkan di dekat pahatan ini karena orang-orang datang untuk berdoa berharap permintaannya dikabulkan oleh tokoh-tokoh tersebut.

Juroku Rakan Iwa, 'Rushmore' Lokal-nya Orang Jepang
(gambar: japan.travel)

Datanglah ketika festival tahunan diadakan di bulan Juli. Di saat itu, Juroku Rakan Iwa yang ada di pinggir laut akan diterangi dengan cahaya yang akan membuat pahatan ini makin terlihat syahdu. Ditemani desiran angin darat dan deburan ombak sepanjang malam, mungkin kalian bisa ikut bermeditasi setelah terinspirasi oleh tokoh-tokoh yang dipahat ini.

Juroku Rakan Iwa, 'Rushmore' Lokal-nya Orang Jepang
(gambar: sztachetki)

Kalian bisa datang ke sini menggunakan mobil atau taksi selama 5 menit perjalanan dari stasiun Uetsu Honsen Fukura atau berjalan kaki selama 15 menit dari stasiun.

Lokasi: Nishidate Fukura, Yuza-machi, Akumi-gun, Yamagata

Sources: japan.travel, gonorth