Share on

Jika pergi ke kuil-kuil di Jepang, kamu pasti harus melewati dua tiang yang bagian atasnya tersebut. Tiang tersebut merupakan gerbang menuju kuil yang disebut "torii", gerbang tersebut menandakan bahwa kamu masuk daerah yang suci dan berbeda dengan tempat tinggal manusia. Setiap kuil memiliki bentuk dan jumlah torii yang berbeda-beda. Ada kuil-kuil yang memiliki torii lebih tinggi daripada torii pada umumnya, dan di bawah ini adalah 5 tertinggi yang ada di Jepang!

Advertise With Us

5. Kuil Kashima, Hyogo

Torii Kuil Kashima
Torii di Kuil Kashima terbuat dari titanium (Sumber: Wow! Japan)

Kuil Kashima memiliki torii setinggi 26m dan terbuat dari titanium. Pada umumnya, torii terbuat dari kayu dan batu, tetapi torii di Kuil Kashima ini berbeda dan menjadi satu-satunya yang terbuat dari titanium. Terletak di prefektur Hyogo, kuil ini menjadi tempat bagi para pelajar berdoa memohon kelancaran pendidikannya di sekolah. Di sekitar daerah yang sama, terdapat Kuil Sone Tenmangu, kuil yang memuja Sugawara no Michizane, di dalamnya terdapat pohon "Sone no Matsu" yang dipercaya ditanam oleh Michizane.

4. Kuil Saijo Inari, Okayama

Torii Kuil Saijo Inari
Torii Kuil Saijo Inari (Sumber: Wow! Japan)

Kuil Saijo Inari merupakan kuil untuk berdoa kepada dewi pertanian, Inari. Selain menjadi salah satu kuil Inari besar di Jepang, kuil yang terletak di prefektur Okayama ini juga memiliki torii yang besar. Torii di kuil Saijo Inari memiliki tinggi 27.5m, berwarna merah bata yang cantik dan elegan. Selain bisa melihat torii yang besar dan indah ini, kamu bisa berkunjung ke kuil Kibitsu yang tidak jauh dari Kuil Saijo Inari dan melewati koridor sepanjang 400m di kuil Kibitsu.

3. Kuil Yahiko, Niigata

Torii Kuil Yahiko
Torii Kuil Yahiko (Sumber: Wow! Japan)

Kuil ini merupakan kuil yang cukup tua, bisa lebih dari 2.000 tahun. Kuil Yahiko di Niigata ini memiliki torii setinggi 30.16m yang cukup menonjol karena letaknya ada di jalan raya. Jika kamu melihat torii ini, kamu juga bisa melihat gunung Yahiko ke arah kuil, Mumpung lagi ada di Yahiko, jangan lupa jalan-jalan di sekitar gunung Yahiko untuk melihat pemandangan alam dan menikmati udara segar.

2. Kuil Omiwa, Nara

Torii Kuil Omiwa
Torii Kuil Omiwa (Sumber: Wow! Japan)

Kuil ini dipercaya sebagai kuil tertua di Jepang, tapi toriinya baru dibangun pada tahun 1984 sebagai perayaan kunjungan Kaisar Showa ke kuil Omiwa. Torii kuil Omiwa berwarna abu-abu gelap, dengan tinggi 32.2m. Melihat besarnya, orang-orang yang berkunjung ke kuil ini pasti terpukau. Kuil Omiwa juga berada di dekat gunung, yaitu gunung Miwa, jadi jangan lewatkan kesempatan melihat-lihat di daerah ini.

1. Kuil Kumano Hongu Taisha, Wakayama

Torii Kuil Kumano Hongu Taisha
Torii Kuil Kumano Hongu Taisha (Sumber: Wow! Japan)

Kuil ini merupakan salah satu kuil besar di daerah Wakayama. Tidak hanya kuilnya, torii kuil Kumano juga yang terbesar di Jepang. Dengan tinggi 33.9m, torii ini menarik perhatian pengunjung untuk melihatnya dan membandingkan ukuran torii dengan ukuran orang biasa. Di dekat kuil ini juga terdapat pemandian air panas tertua di Jepang, kamu bisa memanjakan diri di tempat ini setelah jalan-jalan kuil Kumano.