Share on

Jika sebagian besar penggemar musik Jepang di tanah air lebih menyukai musik pop atau rock dengan membentuk idol group ataupun band dan tampil di acara-acara lokal bertema budaya Jepang, lain halnya dengan Kresna Ono, yang lebih menyukai musik enka dan memiliki hobi bernyanyi lagu-lagu enka di acara-acara lokal bertema budaya Jepang. Enka sendiri adalah gaya musik Jepang yang unik, yang populer di Jepang terutama oleh generasi yang lebih tua.

Advertise With Us

local-fame-ono-enka-soloist-yang-ingin-menjadi-penyanyi-enka-pertama-di-indonesia-1 Ada beberapa alasan mengapa ia memilih enka. Selain menyukai musik, ia juga menyukai kebudayaan Jepang, dan memilih yang antimainstream. Selain sebagai hobi, Ono juga memiliki tujuan ingin mengenalkan salah satu gaya musik Jepang ini kepada para pecinta budaya Jepang di Indonesia, karena tidak banyak orang yang mengetahui apa itu enka. "Banyak orang yang mentertawakan ketika saya bernyanyi enka, mungkin karena nada-nadanya yang terdengar 'aneh' di telinga orang awam," ujar Ono.

Pemuda yang biasa dipanggil dengan nama Ono ini awalnya pernah bergabung dengan beberapa band visual kei bergenre J-Pop/Rock di kota tempat tinggalnya, Bandung. Namun pada sekitar bulan April hingga Mei 2016 ia memutuskan untuk mundur dari bandnya yang bernama DesireD, dan memutuskan untuk menjadi soloist sebagai penyanyi enka.

[LOCAL FAME] Ono Enka, Soloist yang Ingin Menjadi Penyanyi Enka Pertama di Indonesia
Ono semasa tergabung dalam bandnya

Sejak memutuskan mundur dari band dan menjadi soloist, pada awalnya ia mengikuti acara cover sing di daerah Braga Bandung, yang tanpa diduga berhasil mendapatkan nilai tertinggi dan menjadi juara. Setelah itu Ono terus mengikuti beberapa event berikutnya.

local-fame-ono-enka-soloist-yang-ingin-menjadi-penyanyi-enka-pertama-di-indonesia-3 Kini impian Ono adalah menjadi penyanyi enka pertama di Indonesia dan ingin mencatat sebuah sejarah baru di dunia penggemar budaya Jepang di Indonesia. Untuk saat ini Ono masih membawakan lagu-lagu enka cover karena dalam membuat lagu enka menurutnya memiliki kesulitan tersendiri. Namun untuk ke depannya, mungkin ia akan memiliki lagu enka maupun Rock/Pop karyanya sendiri.