Berita Jepang | Japanesestation.com

White Raven adalah komunitas penggemar budaya populer Jepang yang didirikan pada tanggal 5 Maret 2013 oleh Ryan, Hasbeni, Adil, Wahyu, Andre, Endy (alm.), Rozy, Resty, Suci, dan Amy atas kesamaan minat dan hobi.

local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-1Nama White Raven (WR) yang berarti "Gagak Putih" dalam bahasa Indonesia dan "Shiroi Karasu" dalam bahasa Jepang, terinspirasi dari hewan gagak yang umumnya berwarna hitam. Tetapi gagak yang berwarna putih akan menjadi unik dan memiliki ciri khas tersendiri di antara gagak lainnya. Inilah yang menjadi inspirasi dalam memberikan nama pada komunitas ini dengan tujuan White Raven akan selalu menjadi unik dan memiliki karakteristik tersendiri di antara komunitas-komunitas lainnya dan mampu menggapai prestasi setinggi apapun.

local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-4 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-3 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-7Setelah kurang lebih tiga tahun sejak didirikan, White Raven telah berubah menjadi salah satu komunitas terbesar di kota Padang. Peningkatan jumlah anggota yang cukup pesat dan rutinnya serta memperoleh posisi juara di setiap perlombaan telah menjadi bukti bahwa White Raven bukanlah komunitas yang hanya berfungsi sebagai tempat berkumpul saja, namun juga untuk saling meningkatkan ilmu dan kreativitas anggotanya.

Huawei MatePad Pro

local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-10 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-6 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-8Sama seperti komunitas lainnya, White Raven juga mempunyai jadwal untuk berkumpul sesama anggotanya atau biasa disebut gathering yang merupakan kegiatan wajib White Raven setiap minggunya. Gathering tersebut dilakukan setiap hari Kamis bertempat di Pendopo Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang jam 16.00.

local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-16 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-17 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-11Tujuan utama kegiatan White Raven tersebut adalah mempererat hubungan silaturahmi antar anggota. Kegiatan tersebut bukan hanya sebagai tempat berkumpul saja, melainkan di antaranya adalah mengadakan rapat ketika ada event, rapat ketika ingin mengadakan event, menentukan peserta lomba, membahas pembuatan kostum bagi anggota White Raven yang ingin membuat kostum, pengajaran teknik menggambar manga bagi yang mempunyai hobi menggambar maupun yang mau mempelajarinya, sharing pengalaman, dan masih banyak lagi. Segelintir kegiatan tersebut sudah menjadi kegiatan rutin White Raven.

local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-9 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-13 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-14Selama tiga tahun perjalanannya, White Raven telah mendapatkan berbagai juara. Seperti pada tahun 2013, White Raven meraih Juara 1 Manga Contest di Bunkasai UNAND, Juara 1, 2, dan Favorit Cosplay Competition, Juara 2 Akustik, Juara 3 Singing Contest di  Bunkasai UBH, dan prestasi lainnya.

local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-12 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-2 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-15Pada tahun 2014, White Raven juga meraih Juara 2 Cosplay Competition dan Juara 3 dan 2 Manga Contest di Bunkasai UNP. Juara 1, 2, dan 3 Cosplay Competition di Bunkasai UBH, dan prestasi lainnya. Begitu juga, di tahun 2015 White Raven meraih Juara 1 dan 3 Cosplay, Juara 3 Cosplay Team, dan Juara 1 Manga Contest di Bunkasai UNP, serta prestasi lainnya.

local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-18 local-community-white-raven-komunitas-penggemar-budaya-populer-jepang-di-kota-padang-19Buat kalian yang ada di Padang dan ingin bergabung, silakan hubungi mereka di sini!