SHARE THIS ARTICLE

AJ201301080005MOrang-orang akan melakukan perjalanan yang jauh dan luas pada awal tahun baru dalam mengejar keberuntungan, seperti para warga Takasaki, Prefektur Gunma, Jepang, yang bisa perlihatkan.

Pada tanggal 6 dan 7 Januari setiap tahun, 400.000 pencari keberuntungan turun ke Takasaki untuk membeli boneka merah yang bisa bergoyang di sebuah kuil di sana.

Disebut boneka Daruma, boneka dari bubur kertas ini adalah jimat tradisional Tahun Baru yang populer di seluruh Jepang. Boneka-boneka ini dijual dengan matanya yang tidak dicat, sehingga para pembelinya bisa melukis di salah satu bola matanya sambil membuat keinginan, dan satu mata lainnya jika keinginannya terwujud.

AJ201301080006Tradisi mengatakan bahwa boneka-boneka ini pertama kali dibuat di kuil Shorinzan Darumaji pada pertengahan abad ke-18. Mereka menggambarkan biksu Zen Bodhidharma dari abad kelima, seorang tokoh dengan petisi untuk keinginan seseorang.

Anggota pengikutnya dulu membuat boneka mereka sendiri, dengan menerapkan bubur kertas pada cetakan kayu yang disediakan oleh kuil.

AJ201301080007MKini, boneka-boneka itu adalah industri lokal dengan lebih dari 50 perusahaan, menurut kantor pariwisata Takasaki, yang memproduksi lebih dari 900.000 boneka dalam setahun dan merupakan 80 persen dari semua Daruma yang dibuat di Jepang.

AJ201301080008MBanyak dari tempat produksi tertuanya, seperti Fukuya, yang terletak tepat di seberang sungai dari kuil yang berada di puncak bukit, telah dikelola secara turun temurun dalam keluarga selama lima generasi atau lebih.

AJ201301080009MBisnis ini tidak berakhir dengan pasar malam yang berdesak-desakan di kuil, tempat para pembuat melakukan tawar-menawar dengan pengunjung untuk menjual barang dagangan mereka. Para pembuat boneka kemudian dibawa ke jalanan, dengan membawa karya-karya mereka ke festival Daruma lainnya di seluruh negeri tersebut.

AJ201301080010MPara warga dengan cepat akan mengklaim bahwa boneka Daruma dapat melakukannya, dan pada kenyataannya, bekerja dengan baik. Hiroyuku Odachi, yang menjalankan sebuah perusahaan asuransi mobil di Takasaki, mengatakan bahwa dengan memesan Daruma yang dicat custom setiap tahunnya telah membantunya mempertahankan bisnisnya meningkat, serta meningkatkan moral stafnya.

Tapi di sini kami tidak percaya bahwa Anda harus melukis di satu matanya pada satu waktu, dan kemudian terus mengganggu Bodhidharma dengan permohonan-permohonan Anda,” kata Odachi. “Anda tidak akan mencapai apa-apa seperti itu, pergi ke masa depan dalam keadaan setengah buta. Caranya adalah dengan melukis keduanya sekaligus, dan menjaga mata Anda terbuka lebar.”

AJ201301080011MPasar Daruma akan diselenggarakan di barat Tokyo pada tanggal 12 Januari di depan Stasiun Ome, pada tanggal 12 Januari dan 13 di kuil Kokuzoji di Chichibu, Prefektur Saitama, dan pada tanggal 3 dan 4 Maret 2012 di kuil Jindaiji di Chofu, Tokyo barat.

(Source: ajw.asahi.com)

Source : ajw.asahi.com
COMMENT