SHARE THIS ARTICLE

Ada-ada saja kreatifitas orang Jepang dalam membuat hal-hal unik dan lucu mengenai sejarah bangsa mereka. Atsuki Segawa, seorang pembuat animasi GIF (Graphics Interchange Format) yang terkenal di dunia maya baru-baru ini membuat sebuah karya unik yang bercerita tentang Taisei Hokan di Zaman Edo, namun dengan sentuhan modern yang dapat membuat orang tertawa terpingkal-pingkal. Sebelumnya ia juga pernah memanipulasi sejumlah ukiyo-e tenar menjadi adegan-adegan kocak seperti gambar di bawah ini.

fuji
image: GIFMAGAZINE

Menurut sejarah, Taisei Hokan adalah era transisi kekuasaan dari Shogun yang telah berkuasa dua abad lamanya kepada Kaisar yang terjadi di tahun 1867. Saat itu, Yoshinobu Tokugawa membuat sebuah pengumuman penting kepada semua tuan tanah di Jepang. Momen inilah yang terkenal dan dipergunakan oleh Segawa sebagai bahan guyonan.

takagawa
Image: [email protected]

Bila dalam lukisan aslinya yang terkenal Tokugawa duduk menghadap para tuan tanah dan menjelaskan duduk perkaranya, di dalam GIF buatan Segawa ini sang Shogun malah menatap laptop sambil menjalankan program. Ya, dia menggunakan slide presentation untuk mempermudah penjelasan lengkap dengan logo klan Tokugawa sebagai latar belakangnya. Bahkan untuk menambah humor, Segawa mengunggah imej presentasi tersebut di Twitter yang berjudul Restorasi Kekuasaan Kaisar.

Imej kreatif ini pun segera mendapat respon positif dari para netizen. Bahkan ada sebuah perusahaan elektronik yang membuat ulang GIF ini untuk memperkenalkan produk-produk terbarunya kepada konsumen. Wah, ada-ada saja ya….

Source : rocketnews24.com
COMMENT