SHARE THIS ARTICLE

Menjadi grup tari dan vokal remaja yang menyanyikan lagu-lagu metal seperti Iron Maiden dan Metallica kelihatannya merupakan hal yang aneh.

Baby Metal
Baby Metal

Namun, sebuah grup Jepang bernama Babymetal yang menciptakan apa yang mereka sebut sebagai “metal imut” yang kini menimbulkan kehebohan di dunia heavy metal.

Suzuka Nakamoto (16 tahun), Moa Kikuchi, serta Yui Mizuno (keduanya 15 tahun) mendirikan sebuah grup musik rock tanpa pernah mendengarkan musik hard metal sebelumnya.

Mereka dipilih oleh satu agen pencari bakat untuk membentuk “klub musik heavy metal” dan lahirlah Babymetal.

Saya bahkan tadinya tidak tahu apa itu metal,” kata Suzuka Nakamoto, yang dikenal di band itu sebagai Su-metal.

Ketika mereka memberi tahu bahwa kami akan memainkan musik Babymetal, saya mendengarkan musiknya yang diwarnai tabuhan drum keras. Saya merasa ini menarik dan saya membayangkan koreografi yang akan saya lakukan untuk musik ini.”

Namun, setelah video mereka di YouTube ditonton 30 juta orang dan begitu banyaknya pengikut mereka di Jepang, mereka kini mengadakan pertunjukan di seluruh dunia dan menjual tiket pementasan mereka di London dengan begitu cepat sehingga mereka harus pindah ke gedung pertunjukan yang lebih besar.

Diundang Lady Gaga

Bahkan bintang pop terkenal Lady Gaga pun telah mengundang mereka untuk bergabung dalam turnya di Amerika Serikat.

Sampai sekarang, rasanya masih seperti mimpi. Kami masih tidak bisa percaya,” kata Su-metal tentang keberhasilan grupnya.

Para kritikus sementara itu langsung merujuk kepada kenyataan bahwa musik mereka adalah ‘hasil produksi’ dan bahwa musik metal seharusnya harus ‘dialami’ bukan dipakai hanya sebagai citra saja.

Ini hal yang buruk, dilakukan secara buruk, ini kekacauan komersial yang tidak memiliki nilai artistik sama sekali, dan tidak ada alasan untuk mendengarkannya kecuali bahwa hal ini merupakan hal baru,” kata salah satu tinjauan yang muncul di surat kabar.

Dengan lagu-lagu mengenai tekanan yang dialami remaja putri agar tetap langsing, pengalaman ke pertunjukan musik rock dan konsep “perempuan ideal”, lagu-lagu mereka sudah jelas berbeda dari lagu heavy metal biasanya.

COMMENT