SHARE THIS ARTICLE

orange.crane_Apakah kalian pernah mendengar tentang origami 1000 bangau dari Jepang? Jika “Ya”, apakah kalian mengetahui legendanya? Mungkin sebagian dari kita ada yang sudah mengetahuinya dan sebagian lagi belum. Burung bangau itu sendiri dalam mitos Jepang merupakan makhluk hidup yang suci dan dapat hidup ribuan tahun, dan dikatakan juga selama hidupnya burung bangau hanya  mempunyai satu pasangan saja, selain itu juga merupakan simbol kedamaian internasional.

Kisah 1000 bangau sendiri diawali oleh seorang anak kecil yang mempunyai penyakit leukemia bernama Sadako Sasaki. Sadako sendiri mempunyai keinginan untuk membuat 1000 ekor burung bangau dari kertas origami dan apabila telah mencapai origami yang ke-1000 maka keinginannya akan dikabulkan, yaitu sembuh dari penyakitnya. Dan hal tersebut sampai ke telinga sahabatnya yaitu Chizuko Hamamoto yang mengunjungi rumah sakit dan membawa burung bangau dari kertas emas.

Tetapi takdir berkata lain, karena setelah membuat burung bangau yang ke 644, Sadako meninggal dunia pada tanggal 25 Oktober 1955, pada umur 12 tahun. Karena terharu melihat kegigihan Sadako untuk berjuang membuat 1000 bangau  maka teman-temannya pun berkumpul untuk membuat tugu Sadako Sasaki dan anak-anak lainnya yang meninggal pada saat pengeboman Hiroshima. Dan akhirnya di Jepang tepatnya di Hiroshima Peace Memorial Park dibuatlah tugu Sadako Sasaki yang sedang memegang burung bangau.

Sadako_Sasaki_statue_in_Hiroshima

Source : 1000cranes.com
COMMENT