Share on

Tim cosplay yang menjadi juara di Ennichisai telah berangkat ke Jepang untuk mewakili Indonesia pada pertandingan dunia World Cosplay Summit (WCS) 2019, dan mereka telah selesai melewati tahap pertama, Tokyo Round.

Tim cosplay yang menjadi perwakilan Indonesia tahun ini adalah cosplayer kembar dari Semarang, Gerard Jason Anthony (19) dan Gilbert Jovan Anthony (19) dengan nama tim Genesis Twins. Tim ini telah berhasil lolos dalam kompetisi ICGP (Indonesia Cosplay Grand Prix) di Yogyakarta mewakili regional Jateng DIY, kemudian meraih juara utama ICGP Grand Final yang diadakan di ENNICHISAI 2019, Jakarta mengalahkan finalis dari regional Jabar DKI, Sumatra, Jatim dan Bali.

Mereka berdua membawakan penampilan cosplay dari Soul Calibur VI sebagai karakter Yoshimitsu dan Nightmare dengan sangat baik dan mampu memukau para penonton. Dalam agenda saat berada di Jepang, mereka akan membawakan cosplay dari karakter One Piece pada Opening Ceremony dan Wedding Brass Party di Bleuman Nagoya, Naruto untuk Meijimura Museum Tour, Fairy Tail untuk Osu Street Parade, dan Soul Calibur VI pada WCS (World Cosplay Summit) Tokyo-Nagoya Round bersama dengan 39 negara peserta lainnya.

Sebelum menuju ke Nagoya, tim Indonesia harus melewati penyisihan di Tokyo (Tokyo Round), dimana kostum mereka dipamerkan dan dinilai oleh dewan juri pada tanggal 26 Juli kemarin. Sudah terpilih 6 negara yang langsung menuju final, sementara Indonesia selanjutnya akan mengikuti penyisihan di Nagoya untuk lolos ke Final Stage World Cosplay Championship.

Tentang Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP)

ICGP adalah sebuah kejuaraan berskala nasional untuk memilih cosplayer sebagai perwakilan Indonesia untuk World Cosplay Summit yang telah diselenggarakan sejak tahun 2012. ICGP juga sudah menghasilkan banyak cosplayer yang berprestasi di ajang WCS dan membuat kualitas cosplayer Indonesia diperhitungkan. Indonesia pernah memegang juara 3 sebanyak dua kali, juara 2 satu kali, dan Juara umum satu kali.

Tentang World Cosplay Summit (WCS)

WCS pertama kali digelar di Nagoya yang disebut sebagai ‘tanah suci cosplayer’ pada tahun 2003 untuk menciptakan rasa persahabatan internasional antara cosplayer dari seluruh dunia. Para perwakilan tim cosplay terbaik yang telah memenangkan babak pendahuluan yang diadakan di seluruh dunia berkumpul di Nagoya untuk bersaing dan memperebutkan posisi teratas dunia yaitu World Cosplay Champion.

WCS 2019

Tentang World Cosplay Championship

World Cosplay Championship adalah sebuah kompetisi cosplay bergengsi dengan skala akbar yang diikuti oleh 40 negara dan sangat berkualitas karena penilaian dilihat dari aspek pertunjukan dan pembuatan kostum, kompetisi ini juga ditujukan untuk menentukan tim no. 1 ‘World Cosplay Summit’ yang disponsori oleh Komite Eksekutif WCS.

Kejuaraan bergengsi ini memiliki beberapa syarat khusus yaitu diikuti oleh sebuah tim yang beranggotakan 2 orang cosplayer, mereka harus membuat sendiri kostum serta perlengkapan pendukungnya, dan menampilkan karakter yang mereka perankan dalam sebuah pertunjukan panggung selama 2 menit 30 detik dengan bantuan video background dan properti pendukung.

WCS 2019

World Cosplay Championship 2019

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun 2019 ini kejuaraan WCS Championship akan diadakan di Tokyo (ronde ke-1 Tokyo) dan prefektur Aichi (ronde ke-2 Nagoya dan babak final Nagoya) di Jepang.

Dari 42 negara, 40 tim terdaftar dalam kejuaraan ini yaitu Australia, Austria, Belgia, Brazil, Bulgaria, Canada, Chile, China, Costa Rica, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, HongKong, India, Indonesia, Israel, Italia, Jepang, Korea, Malaysia. Mexico, Myanmar, Belanda, Filipina, Portugal, Russia, Swedia, Singapura, Afrika Selatan, Arab Saudi, Spanyol, Swiss, Taiwan, Thailand, Trinidad and Tobago, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Jadwal acara WCS 2019

Berikut jadwal acara WCS 2019 (26 Juli - 5 Agustus) :

  • 26 Juli - Opening Ceremony
  • 27 Juli - WCS Tokyo Round
  • 28 Juli - Bus Tour
  • 29 Juli - Costume Judging (day 1)
  • 30 Juli - Costume Judging (day 2)
  • 31 Juli - WCS Schedule, Meijimura Museum, Bridal Cosplay at Bleuman Nagoya
  • 1 Agustus - Gifu Tour
  • 2 Agustus - Alumni Cosplay Parade
  • 3 Agustus - WCS Nagoya Round
  • 4 Agustus - OSU Parade, WCS Final round
  • 5 Agustus - Special Tour
 

Sumber: Press Release