Share on

Niconico, social video service terbesar di Jepang yang dioperasikan oleh Dwango Co., Ltd., dan retailer anime/manga/game Animate Ltd. akan bersama-sama mengadakan Ikebukuro Halloween Cosplay Festival 2019 yang akan diadakan di Ikebukuro, Tokyo pada tangal 26-27 Oktober mendatang.

Ikebukuro Halloween Cosplay Festival pertama kali dimulai pada tahun 2014, dan merupakan salah satu event Halloween terbesar di Jepang. Festival ini bertempat di jalanan timur dari Stasiun Ikebukuro di Tokyo. Lebih dari 20,000 cosplayer berkumpul baik lokal maupun dari mancanegara, dan jumlah pengunjung juga semakin meningkat setiap tahunnya, saat event tahun lalu yang juga diadakan selama 2 hari, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 105,000 orang.

Yang menjadi fitur utama dari event ini adalah para cosplayer yang berkeliaran dengan menggunakan kostumnya di sekitar area mulai dari jalan utama, taman, dan pertokoan di pintu keluar timur dari stasiun Ikebukuro. Di event ini juga terdapat banyak aktivitas yang diadakan untuk dinikmati semua pengunjung mulai dari cosplay fashion show, pertunjukan panggung, dan parade cosplay. Selain itu di event tahun ini juga diadakan event DJ dan aktivitas di dalam restoran pada malam hari. Event ini akan disiarkan di seluruh dunia melalui Niconico Live Streaming.

Enako Menjadi Ambassador Ikebukuro Halloween Cosplay Festival

Ikebukuro Halloween Cosplay Festival 2019 Akan Digelar 26-27 Oktober
Enako

Cosplayer asal Jepang, Enako terpilih sebagai ambassador pertama untuk Ikebukuro Halloween Cosplay Festival. Enako memulai cosplay sejak masih SMP, dan kecintaan serta penghormatannya untuk karya original telah mendapatkan dukungan yang besar dari para penggemar cosplay. Sebagai cosplayer, Enako telah muncul dalam berbagai media seperti TV, radio, serta majalah, selain itu Enako juga berkontribusi dalam memperkenalkan budaya cosplay.

Event Highlights

Niconico cospllection

Ikebukuro Halloween Cosplay Festival

Niconico cospllection akan diadakan di panggung utama di Taman Naka-Ikebukuro dan akan menampilkan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan cosplay seperti pertunjukan panggung, cosplay fashion show, pertunjukan “Parent & Child Cosplay”, dan turnamen panco cosplay.

Cosplay Parade

Cosplay parade ini melibatkan ratusan cosplayer yang akan berlangsung di jalanan Ikebukuro. Parade ini akan diadakan pada tanggal 26 Oktober dan gratis bagi seluruh cosplayer yang berkunjung.

DJ Anime Song Party

Diadakan untuk pertama kalinya, DJ show ini akan menampilkan lagu anime/vocaloid dan akan diadakan di 2 live music club, mismatch Ikebukuro dan BANANA BONGO.

Ikebukuro Halloween Tea Party

Ikebukuro Halloween Tea Party ini adalah sebuah kesempatan bagi cosplayer dan para pengemarnya untuk berkumpul dan berbagi kesukaan yang sama seperti anime dan game. Acara ini akan diadakan bersamaan di berbagai restoran di area pintu keluar timur stasiun Ikebukuro.

Ikebukuro Halloween Cosplay Festival

Cosplay Photography Session

Pengunjung dapat mencoba pengalaman fotografi cosplay dengan kameranya sendiri atau kamera rental yang disediakan oleh Canon Marketing Japan Inc. Event ini akan diadakan di red grand staircase Hareza Park Plaza.

Two-shot Cheki Photo Session

Dalam program baru ini pengunjung dapat berfoto bersama dengan cosplayer populer dan odorite (penari) dengan memakai kostum cosplay menggunakan kamera polaroid.

Sebuah kontes cosplay baru “Cosplayer of The Year” akan mengadakan kompetisi finalnya di acara ini. Finalis yang berhasil lolos proses seleksi melalui cosplay app ‘Claps!’ dan ‘Niconico Live Streaming’ akan tampil di panggung utama untuk bersaing memperebutkan title Grand Prix dan hadiah lainnya. Bagi yang menonton Niconico Live Streaming juga dapat ikut serta dalam penjurian melalui survey online. Cosplayer of The Year Official Website: https://coty.tokyo/

Ikebukuro Halloween Cosplay Festival

Selain acara diatas, akan ada juga Cosplay Gathering, Cosplay Prop Area, booth game, dan masih banyak lagi acara-acara yang akan ditampilkan di Ikebukuro Halloween Cosplay Festival 2019 ini. Untuk pertama kalinya Prince Hotel Sunshine City di Ikebukuro juga menawarkan paket terbatas Ikehallo Suite Princess Package untuk para pengunjung. Paket ini juga sudah termasuk attendant yang bercosplay sebagai “princes”/”butlers”, photo eksklusif, tea service, dan welcome champagne service.

Tanggal: 26-27 Oktober 10.00-18.00 (stage event 11.00-17.00) (waktu Jepang) Biaya:

  • Partisipasi dan berkunjung gratis
  • Cosplayer/Photographer Registration: 2,000 yen (termasuk pajak)
  • Ikebukuro Halloween Cosplay Festival 1 Day Premium Passport: 3,500 yen (termasuk pajak)
  • Late Out Ticket: 500 yen (termasuk pajak)

Pembelian Tiket: https://eplus.jp/cosplay/ Situs resmi: https://ikebukurocosplay.jp/en/

 

Sumber: Press Release