Berita Jepang | Japanesestation.com

Hololive Super Expo merupakan tempat dimana para penggemar Hololive berkumpul, disana kalian bisa menikmati penampilan para talent bahkan bermain bersama. Dan Hololive Super Expo tahun ini menciptakan keseruan yang tidak kalah dari tahun sebelumnya, Memberikan momen berharga bagi para penggemar Hololive.

Penampilan perdana yang spektakuler diberikan dari Hololive Indonesia generasi ke 3 bersama Kobo, Kaela, dan Zeta merupakan salah satunya. Meski tidak bisa menikmati acaranya secara langsung, tapi kali ini tim Japanese Station berkesempatan untuk ngobrol bareng salah satu cosplayer Indonesia yang jauh-jauh datang ke Hololive Super Expo 2024 di Jepang.

Yuk, langsung aja kita tanya langsung keseruan Punipun di event tersebut.

JS Team: Halo kak Puni, seneng banget nih kayaknya bisa dateng ke event hololive kemarin. Kira-kira, berapa lama persiapannya dan bawa berapa koper dari Indonesia?

Punipun: Haloooo! Nah, jadi sebenernya awalnya aku tuh nggak ada rencana untuk dateng ke Jepang. Terus tiba-tiba ada pengumuman event hololive, terus aku pikir, “Wah kapan lagi kan bisa cobain dateng ke event hololive di Jepang”.

Terus akhirnya aku putusin untuk ikutan ballot tiketnya, jadi di sana itu sistemnya pakai undian semua, jadi meskipun bisa cepet atau bisa bayar pun belum tentu dapet tiketnya.

Sekitar tanggal 5 Desember aku mulai apply untuk tiketnya dan aku dapet pengumuman kalo akun dapet tiketnya itu di tanggal 22 Desember. Di sini aku langsung kayak, “Wah, dapet nih tiketnya..dan nggak mungkin juga kalo sampe aku nggak pergi padahal udah dapet tiketnya”.

Akirnya aku putusin untuk pergi, ngajak temen-temen, siapin tiket pesawat, akomodasi, sampe kostum. Karena aku pengen banget pake kostum karakter hololive langsung di event hololivenya yang di Jepang.

Nah, untuk kopernya sendiri aku udah pernah post juga di X sama Instagram. Awalnya aku pingin bawa wig Kobo Kanaeru versi Nusantara itu di dalem koper, tapi dipikir-pikir lagi aku takut wignya rusak jadi aku putusin untuk hand carry wig nya berdasarkan diskusi panjang dengan cosplayer-cosplayer lain dari Thailand.

Untungnya maskapainya ngebolehin aku bawa wig nya meskipun ukurannya ngelebihin batas ukuran hand carry yang diizinkan.

Akhirnya aku bawa satu hand carry wig Kobo, terus ada satu koper besar isi baju-baju dan kostum, sama ada koper hand carry kecil yang isinya mahkota Kobo Nusantara sama omiage snack-snack indonesia yang mau aku bagiin ke temen-temen di Jepang.

JSTeam: Wah, Beruntung banget yah akhirnya wignya berhasil di bawa juga. Nah, ngomongin soal kostum Kobo. Ada hal menarik nggak selama cosplay Kobo Kanaeru versi Nusantara di Jepang?

Punipun: Nah ini lumayan banyak nih pengalaman-pengalaman seru dan uniknya karena ini pertama kali aku dateng ke event di Tokyo public yang terbuka. Karena sebelumnya aku pernah dateng tapi di event tertutup dari pemerintah Fukuoka untuk jadi ambasadornnya.

Banyak banget hal-hal baru yang nggak pernah aku alamin seperti di event-event Indonesia. Seperti tiket acaranya yang harus ballot atau di undi gitu, dan ternyata untuk cosplay di eventnya sendiri pun ternyata harus punya tiket expo dan wajib untuk dapet akses dressing room dan dressing roomnya pun itu diundi lagi. Jadi setelah dapet tiket expo terus ada pengumuman untuk cosplayer yang mau ganti kostum harus ada akses dressing room, setelah isi form baru dikabarin sama mereka dapet atau enggaknya.

Di sini aja aku udah panik, “gimana nih, kok belum ada info dapet akses dressing roomnya padahal udah tinggal beberapa hari lagi terbang”. Untungnya aku dapet tuh akses dressing roomnya dan rencananya aku cosplay di hari ke dua karena hari pertamanya nonton konser.

Nggak sampai disitu aja nih perjalanan cosplaynya, karena ternyata peraturan untuk cosplay di sana itu ketat banget. Diantaranya, dilarang memakai kostum sebelum sampai ke venue, jadi nggak boleh pakai kostum di kereta dan mobil atau ganti kostum di mobil, jadi dateng tanpa kostum dan wajib ganti di dressing room yang udah disediain dan pulangnya pun nggak boleh memakai kostum sampai untuk konser pun dilarang memakai kostum.

Jadi kalau misalkan dapet akses cosplay dan konser di hari yang sama, kalian bener-bener harus pinter atur waktu antara antre tiket konser, antre dressing room, ganti baju sebelum masuk konser. Wah, ketat banget sih ini ya.

Untuk hari pertama kan aku cuman nonton kosernya dan malemnya aku ketemu sama temen-temen fansholo id dari berbagai negara. Jadi aku dateng ke acara dinner yang diadain sama salah satu fans holo id dari Jepang dan dia itu ngundang fans-fans dari berbagai negara, ada yang dari California, Canada, Thailand, Australia, dan banyak banget lainnya, seru banget pokoknya.

Dan setelah ngobrol-ngobrol sama temen-temen cosplayer disana. Rencananya mereka itu mau cosplay di hari pertama, tapi karena aturannya yang ketat jadi mereka harus milih antara antre untuk konser, atau antre untuk cosplay, akhirnya mereka juga mutusin untuk cosplay di hari ke dua.

Tiba-tiba! Aku dapet pengumuman kalo untuk cosplayer yang mau cosplay di hari kedua itu harus punya nomer antrian untuk akses dressing roomnya. Jadi udah di undi tiketnya, di undi dressing roomnya, sekarang harus di undi juga nomor antriannya.

Aku panik banget karena kalo nggak dapet berarti nggak bisa cosplay dong.

Akhirnya aku dateng jam 8 pagi, dan antri selama 5 jam. Untuk 2 jam di awalnya sendiri pun aku masih belum nginjakin kaki di dalem expo karena antriannya masih stuck di luar, setelah bisa masuk ke dalem aku langsung lari ke area dressing room untuk ambil nomor antrian. Begitu aku ambil, aku dapet antrian nomer 160! Udah dateng pagi-pagi sama ngantri selama 5 jam tapi masih dapet antrian 160, tapi aku lega banget karena yang penting dapet nomor antriannya.

Setelah masuk ke area cosplay, aku baru tau kalo ternyata nggak boleh foto-foto bareng cosplayer di area expo, dan cuman boleh foto-foto di cosplay area. Menurut aku ini bagus banget sih karena jadinya nggak ngeganggu flow orang-orang yang mau nikmatin exhibitionnya.

Punipun Hololive Super Expo 2024

Dan hal paling ngejutin itu aku tiba-tiba di notice sama staff Hololive dan juga di interview di Hololive Channel. Nah ini aku nggak nyangka banget dan grogi banget, terus rencananya itu bakalan dibantuin sama translator inggrisnya, tapi ternyata malah full pake bahasa Jepang. Yaudah akhirnya aku pakai broken Japanese aku aja yang penting sama-sama ngerti hahaha.

JSTeam: Panjang banget yah ternyata perjuangan sebelum akhirnya bisa cosplay di acaranya, dengerinnya aja udah seru! Kalo konten eventnya sendiri apa aja nih yang paling ditunggu?

Punipun: Sebenernya karena baru pertama kali, semunya itu aku excited banget. Karena aku juga belum pernah dateng ke event Hololive yang Jepang banget gitu kan. Jadi banyak banget exhibitionnya itu dan masalahnya semuanya itu pakai nomor antrian juga. Jadi ketika nomor antriannya itu udah abis kita nggak bisa akses lagi.

Akhirnya aku cuman dapet akses ke streaming roomnya Kobo, Gura, sama Koyori. Sisanya aku nggak berhasil dapet sampe stage pun aku nggak sempet liat karena yah udah ribet banget ngurusin cosplaynya guys hahaha.

Punipun Hololive Super Expo 2024

Ditambah ada batas waktu juga untuk penitipan barangnya. Karena aku bawa koper dan cuman bisa dititipin sampe jam setengah enam, jadi otomatis sebelum jam itu aku udah ganti kostum. Jadi bener-bener terbatas banget waktunya, kayak ngantri 5 jam terus cosplaynya paling cuma sekitar 3 jam.

Tapi aku berharap banget ada event kaya gini di Indonesia, meski nggak sebesar yang di Jepang tapi kayaknya bakalan seru banget kalo ada event khusus Hololive ID misalkan.

JSTeam: Nah kan udah banyak cerita soal hololive nih. Kalo untuk di Jepangnya sendiri, kak Puni liburan kemana aja nih?

Punipun: Ada banyak banget nih tempat yang aku kunjungin di Jepang. Karena aku di Jepang kan selama 11 hari dan dateng ke sini juga bareng temen-temen sekitar 7 orang.

Karena kita bertujuh dan kayaknya bakal repot kalau pindah-pindah kota. Akhirnya mutusin untuk jalan-jalan di dalem kota aja. Di Tokyo sendiri aku pergi ke Asakusa, Shibuya, Akihabara, Ikebukuro, terus aku juga ke Gunung Fuji.

Oh sama liat sakura! Jadi sebenernya jadwal mekarnya bunga sakura ini bukan pas kita pergi dan pas kita pergi kitu kebetulan pas lagi banyak hari libur. Jadi diluar perkiraan itu rame banget, dan kemana-mana pun itu isinya pasti lautan manusia semua.

Untungnya aku masih liat sakura deket Asakusa dan satu lagi di Shioiri Park. Nah di Shioiri Park ini bagus banget aku ngerasa kayak di anime-anime gitu bisa nikmatin sakura di pinggir sungai sambil liat banyak orang piknik.

Jadi kanget Jepang lagi nih kalo aku cerita kayak gini huhuhu…

Terima kasih banyak untuk Tim Japanese Station buat interviewnya, seneng banget bisa berbagi keseruan untuk para pembaca Japanese Station.

JSTeam: Wahh, beruntungnya masih sempet liat bunga Sakura! Terima kasih banyak juga udah mau berbagi keseruan Hololive sama liburannya selama di Jepang. Sukses selalu ya untuk kedepannya !