Share on

Shogi atau permainan catur tradisional Jepang memang lebih banyak didominasi oleh kaum pria. Akan tetapi, sebenarnya cukup banyak wanita yang tertarik dengan shogi dan bergabung dengan klub shogi. Salah satunya adalah Manao Kagawa yang dikenal lewat akun Twitter-nya @MNO_shogi. Lewat akun Twitter-nya yang punya sekitar 68.500 followers, ia membagikan kegiatan shogi dan sehari-harinya. Uniknya lagi, Manao adalah seorang cosplayer Jepang!

Inilah sosok Manao, wanita kelahiran Tokyo, yang manis dan bertalenta ini. Sebelumnya, Manao menarik perhatian pada tahun 2018 silam di Niconico Chokaigi 2018 karena cosplay menjadi karakter anime bertema shogi Ryuuou no Oshigoto! sebagai karakter Ginko Sora. Lebih menariknya lagi, ternyata kostumnya dibuat oleh ibu Manao sendiri. Duh, anak dan ibu sama-sama bertalenta ya! Manao pun merasa amat tersanjung karena foto dirinya yang mengenakan kostum Ginko Sora di-reteweet oleh sang kreator Ryuuou no Oshigoto!, Shiro Shiratori.

Dan baru-baru ini, Manao membagikan transformasi dirinya yang dulu hingga jadi sekarang. Foto ini dia bagikan sebagai bagian dari partisipasinya di hashtag #2020 (Otaku akanukeru shenshuken 2020), atau yang bisa secara gamblang diterjemahkan jadi "The otaku styling up 2020 championship", di mana para otaku membagikan foto before-after mereka di Twitter. Kira-kira, gimana ya transformasi Manao?

Wow, kelihatan beda banget kan! Dulu tampilan Manao terkesan tomboi dan boyish, sepintas justru bisa dikira cowok. Bahkan ada yang juga bertanya-tanya apakah foto terdahulu Manao adalah benar sosok seorang pria. Rupanya, Manao berpenampilan seperti itu karena melihat dunia shogi yang didominasi oleh para pria sehingga dia tidak percaya diri untuk menunjukkan sisi femininnya. Oleh karena itu, dia memilih untuk tampil boyish. Setelah Manao masuk kuliah dan bertemu teman-teman wanita yang juga bermain shogi, barulah dia berani serta percaya diri menunjukkan sisi kewanitaannya tersebut.

Di akun Youtube-nya pun, Manao menjelaskan lebih detail mengenai transformasi dirinya. Jika kalian tertarik, silakan kunjungi akun Youtube cosplayer Jepang ini, ya!