SHARE THIS ARTICLE

Belum lengkap rasanya bila pergi ke Jepang tanpa mencoba memakai kimono dan berjalan-jalan sembari menikmati suasana di sana. Sayangnya menggunakan baju tradisional Jepang ini tidak semudah yang dibayangkan. Setidaknya untuk yang baru menggunakannya, ada beberapa hal yang patut diperhatikan.

Sebagai sebuah perusahaan yang bergelut di bidang penggunaan kimono, bettergeta.com memiliki banyak sekali pengalaman tentang hal tersebut. Berikut 5 hal penting yang patut diperhatikan saat memakai kimono yang dituturkan langsung oleh sang presiden perusahaan, Yukie via japantoday.com.

1. Memakai kaos atau tank-top

Dikarenakan kimono memiliki banyak sekali lapisan, akan lebih nyaman bila kalian memakai kaos atau tank-top. Apalagi mengingat kimono terbuat dari sutra dan tergolong berat saat pemakaian.

2. Sulit ke kamar mandi

Karena banyaknya lapisan tadi, disarankan untuk tidak menggunakan kimono dalam hitungan jam saja. Selalu lakukan urusan kamar mandi sebelum memakainya bila tidak ingin kerepotan.

3. Tidak ada aksesoris

Percaya atau tidak, ada aturan khusus yang melarang penggunaan aksesori seperti jam dan perhiasan saat memakai kimono. Sangat penting untuk melepas semua itu saat mulai menggunakan kimono. Selain faktor estetika, hal ini juga dilakukan untuk mencegah kerusakan bahan.

4. Menggulung rambut

Untuk para wanita, selalu gulung rambut ke atas bila kalian tidak berambut pendek. Alasannya adalah untuk menjaga penampilan terlihat bersih daripada rambut yang terurai. Bisa dilihat juga dari banyak foto wanita dengan rambut digulung ke atas dan menggunakan aksesoris penjepit dan terlihat sangat cantik.

5. Berjalan pelan, duduk dengan cara kimono

Duduk dengan kimono mungkin adalah pekerjaan tersulit. Ada beberapa patokan gerakan yang harus dilakukan. Untuk cara berjalan, yang terpenting adalah merapatkan kedua kaki, jangan berjalan cepat dan penampilan pasti akan terlihat sangat elegan.

(Featured image: kyoto.travel)

Source : japantoday.com
COMMENT