5 Hal Ini Buktikan Eratnya Hubungan Indonesia & Jepang Sekarang


Indonesia dan Jepang

Masyarakat Jepang dan Indonesia sudah memiliki ikatan sejak lama, saat kecil kita pun sering melihat tayangan-tayangan anime yang berasal dari Jepang. Hubungan spesial itu pun tetap berlangsung hingga saat ini, dari mulai hubungan individual hingga pemerintahannya bahkan bisa semakin hari semakin erat. Berikut ini adalah beberapa hal yang memperlihatkan betapa eratnya hubungan antar kedua negara yang terpisah jarak 5.800 km tersebut.


1. Adanya Pertukaran Festival Budaya

Ennchisai Blok M, Indonesia
Japanese-Indonesian Friendship Festival, Yoyogi Park, Jepang | tokyocheapo.com

Setiap tahunnya, kedua negara yang sudah bersahabat sejak lama ini rutin mengadakan festival untuk saling memperkenalkan budayanya masing-masing. Di Indonesia terdapat beberapa festival budaya tradisional dan juga moder paling populer, seperti Ennichisai Blok M, dan Jak-Japan Matsuri yang tahun ini akan digelar pada bulan September mendatang.

Indonesia sendiri telah memperkenalkan budayanya di Jepang sejak tahun 2013 di sebuah acara bertajuk Japanese-Indonesian Friendship Festival. Situs Tokyocheapo mengumumkan bahwa tahun ini, event tersebut akan berlangsung di Yoyogi Park Event Square pada tanggal 14-15 Oktober 2017. Dari mulai pertunjukan tari tradisional, musik modern, makanan khas hingga batik ada di sini.

2. Persahabatan Beda Negara


Tahun lalu, publik kedua negara yang tepisah jarak sejauh 5.800 KM dihebohkan oleh kisah persahabatan antara dua orang bernama Syahrul Rochmat (Indonesia) dan Shota Noda (Jepang). Cerita ini berawal saat Rochmat, pegawai kereta berusia 25 tahun menemukan sebuah handphone dan juga kartu ID mahasiswa atas nama Shota Noda di gerbong kereta yang dikirim dari Jepang. Berkat media sosial, Rochmat akhirnya bisa mengembalikan sekaligus bertemu pemilik barang-barang tersebut secara lagsung. Kisah pertemuan mereka berdua sempat menjadi headline di Indonesia dan Jepang, cerita lengkapnya bisa kalian baca di sini.

3. AKB48 dan JKT48

Tokyogirlsupdate.com

JKT48 merupakan sister group pertama AKB48 yang berbasis di luar Jepang. Hubungan yang baik antar kedua negara mungkin jadi salah satu alasan mengapa idol group populer yang diproduseri oleh Aki-P ini memilih untuk membuat sister group-nya di Jakarta. Tahun 2012, dua member AKB48, Haruka Nakagawa dan Aki Takajo dipilih untuk menjadi member JKT48. Kedua idol group tersebut juga pernah tampil bersama, baik itu di Jepang maupun di Indonesia.

4. Kedekatan Kedua Pemimpinnya

japantimes.co.jp

Awal tahun ini, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berkunjung ke Indonesia dan disambut langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara dengan Veranda Talk. Veranda Talk merupakan cara menjamu baru Presiden untuk menyambut tamu kenegaraan yang dianggap dekat dan penting.

5. Pemerintah Jepang Berlakukan Bebas Visa Bagi Masyarakat Indonesia

Sejak Desember 2014, pemerintah Jepang telah menetapkan aturan bebas visa bagi para wisatawan Indonesia yang berkunjung. Begitupun sebaliknya, Indonesia juga menetapkan peraturan yang sama pada kepada warga negara Jepang mulai bulan Juni 2015.

(Featured image: tokyogirlsupdate.cim)


What's Your Reaction?

LOL LOL
3
LOL
Sugoi! Sugoi!
107
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
8
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
4
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
7
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
18
Daisuki!
Kowai Kowai
41
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
8
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes