SHARE THIS ARTICLE

Penasaran dengan rasa snack popular asal Jepang yaitu Tokyo Banana namun sulit mendapatkannya? Jangan khawatir, yuk coba cara mudah untuk membuat snack yang tak jauh berbeda rasanya dengan Tokyo Banana ini di rumah!

tokyobanana (1)

Kepopuleran makanan ringan asal Jepang di berbagai macam negara ini menjadikan Tokyo banana menjadi salah satu snack wajib untuk buah tangan sehabis berkunjung ke negeri sakura tersebut. Kue berisi filling krim pisang ini ternyata mudah dibuatnya loh! Yuk ikuti resepnya di bawah ini!

Bahan yang diperlukan:

  1.     100g pisang / 1 buah pisang ukuran besar
  2.     1 buah telur
  3.     1 tbsp corn starch (tepung jagung)
  4.     3 tbsp gula pasir
  5.     150 ml susu
  6.     Beberapa tetes ekstrak vanilla
  7.     Sponge cake berukuran 9 inci, bagi 4
  8.     Plastic wrap

Cara Membuatnya:

1. Pertama-tama, buat krim custard rasa pisangnya terlebih dahulu. Di sebuah mangkuk, hancurkan satu buah pisang dengan menggunakan garpu sampai halus. Lalu masukkan gula, telur, tepung jagung tapioka dan susu. Kocok semuanya secara merata.

tokyobanana (2)

2. Di atas kompor letakkan wajan saus untuk memasak krim tersebut. Masukkan krim yang tadinya sudah tercampur rata dengan disaring, agar tidak ada gumpalan-gumpalan buah pisang yang terasa nantinya. Masak di atas api kecil, aduk-aduk terus hingga mengental. Jika sudah terlihat mengental, matikan api dan masak dengan panas dari panci yang masih tersisa.

3. Sesudah itu, masukkan krim ke dalam kantung segitiga untuk pastry dan dinginkan di lemari es selama beberapa saat.

4. Potong sponge cake yang sudah jadi (bisa dibeli di tempat kue atau dibuat sendiri) menjadi empat bagian dan bagi kembali menjadi lembaran tipis. Letakkan potongan-potongan sponge cake tersebut di atas lembaran plastic wrap.

5. Keluarkan krim dari kulkas dan langsung semprotkan di atas sponge cake secukupnya. Dengan bantuan plastic wrap, gulung ke satu arah dan putar kedua ujungnya dengan erat seperti membungkus permen. Setelah semuanya jadi, dinginkan di kulkas.

Yummy! Tokyo Banana yang mudah dan lezat sudah ada deh di tanganmu untuk berbuka puasa!

COMMENT