SHARE THIS ARTICLE
Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Mumpung liburan Anda bisa membuat makanan istimewa buat keluarga. Mungkin sushi atau sashimi bisa jadi pilihan menu makan anda bersama keluarga kali ini. Pasalnya, sushi dan sashimi relatif mudah dibuat.

Ada beberapa tahapan mudah untuk membentuk salmon menjadi seperti bunga yang sedang mekar seperti yang disajikan di restoran. Mau tau caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut yang Detikfood rangkum dari berbagai sumber ini!

1. Tahap pertama

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Siapkan beberapa alat dan bahan seperti ikan salmon segar atau smoked salmon, talenan, pisau yang tajam dan lemon sebagai penambah aroma. Sebelum memotong ikan salmon dengan irisan yang tipis sebaiknya perciki sedikit air jeruk lemon agar ikan lebih beraroma dan menghilangkan bau amis.

2. Tahap kedua

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Tahapan kedua, kita akan membuat inti bunga, iris daging salmon setipis mungkin dengan panjang kurang lebih sekitar 10 cm dan gulung seperti biasa. Pada bagian ujung atas bunga akan terlihat berantakan. Tapi jangan khawatir karena ada lapisan selanjutnya.

3. Tahap ketiga

Foto: Rocket News 24
Foto: Rocket News 24

Selanjutnya, potong lagi salmon iris dengan panjang sekitar 10 cm kemudian letakkan lapisan salmon pertama dan gulung lagi. Buatlah secara berulang hingga empat kali. Setelah itu, pastikan gulangan tersebut sudah dapat berdiri tegak layaknya cerobong asap.

4. Tahap keempat

Foto: Rocket News 24
Foto: Rocket News 24

Setelah bentukan bunga dapat berdiri dengan tegak, rapikan bagian kelopak pada bunga salmon ini. Dengan cara mencubit atau dilekuk ke bawah sedikit bagian tepi atas dari gulungan dan dengan lembut sambil menariknya keluar sampai bunga mawar terlihat mekar. Akan tetapi yang harus diperhatikan ketika mencubit bagian tepi ikan jangan terlalu keras karena akan membuat fillet ikan robek.

5. Tahap kelima

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Salmon mawar sudah selesai. Tata di piring dengan berbagai sajian hiasan pelengkap seperti lemon, cuka, minyak zaitun, garam, dan lada. Selain itu juga dapat diambahkan bumbu pelengkap dan hiasan lain seperti wasabi yang dibentuk dengan guratan seperti daun atau mayonnaise.

Source : food.detik.com
COMMENT