SHARE THIS ARTICLE
all photos by Koji Fujii / Nacasa and Partners Inc.
all photos by Koji Fujii / Nacasa and Partners Inc.

Sewaktu kalian masih kecil apa kalian pernah bermimpi memiliki rumah pohon? Jangan-jangan, sampai sekarang kalian masih bermimpi memilikinya ya? Nah, rumah pohon berikut ini bisa menjadi referensi untuk kalian seandainya kalian memiliki kesempatan untuk membuatnya. Dalam 15 tahun terakhir, Takashi Kobayashi, yang merupakan pencipta rumah pohon dari Jepang, telah membangun lebih dari 120 rumah pohon hingga namanya dikenal di seluruh Jepang dan luar Jepang. Kobayashi lalu diminta untuk membuat rumah pohon oleh resor Risonare di Atami, dan jadilah rumah pohon ini!

Wow! Inilah rumah pohon terbesar di Jepang yang dibangun di atas pohon berumur sekitar 300 tahun! (1) Wow! Inilah rumah pohon terbesar di Jepang yang dibangun di atas pohon berumur sekitar 300 tahun! (2) Wow! Inilah rumah pohon terbesar di Jepang yang dibangun di atas pohon berumur sekitar 300 tahun! (3) Wow! Inilah rumah pohon terbesar di Jepang yang dibangun di atas pohon berumur sekitar 300 tahun! (4)Seperti dilansir dari spoon-tamago.com, menurut Kobayashi kualitas rumah pohon itu sepenuhnya tergantung pada pohon itu sendiri. “Bertemu dengan pohon yang baik adalah segalanya,” ujarnya. Itu sebabnya imajinasinya segera terpicu ketika ia mengunjungi tempat yang potensial dan menemukan pohon kamper tua yang berumur 300 tahun. Rumah pohon terbesar karya Kobayashi yang terlihat seperti sarang burung ini juga merupakan rumah pohon terbesar di seluruh Jepang. Rumah pohon yang hanya terbuka untuk para tamu resor Risonare di Atami juga memiliki jalur lintasan panjang yang dihiasi tanaman hijau yang diikuti dengan 2 mezzanine, area piknik, dan area kegiatan atletik di mana anak-anak bisa bermain.

Wow! Inilah rumah pohon terbesar di Jepang yang dibangun di atas pohon berumur sekitar 300 tahun! (5) Wow! Inilah rumah pohon terbesar di Jepang yang dibangun di atas pohon berumur sekitar 300 tahun! (8) Wow! Inilah rumah pohon terbesar di Jepang yang dibangun di atas pohon berumur sekitar 300 tahun! (6)Rumah pohon bernama kusukusu (meminjam namanya dari Kusu-no-ki, bahasa Jepang untuk pohon kamper) ini selesai dibangun pada bulan Maret 2014 dan merupakan suatu prestasi yang luar biasa dari arsitektur, teknik dan teknologi. Untuk menciptakan rumah pohon ini, awalnya tim yang terdiri dari Kobayashi dan Hiroshi Nakamura dari NAP Architects, membuat ratusan scan 3D dari berbagai titik di pohon tersebut kemudian menciptakan teralis baja yang berulir, yang berfungsi sebagai sistem penopangnya. Walau banyak teralis baja yang memperlihatkan visual arsitekturnya, namun rumah pohon ini benar-benar diri berdiri sehingga tidak merugikan pohonnya dan yang lebih menakjubkan lagi rumah pohon ini tidak pernah menyentuh pohon tersebut!

Source : spoon-tamago.com
COMMENT