SHARE THIS ARTICLE
Wasabi, bumbu berwarna hijau yang kerap dihidangkan bersama sushi ini, punya beragam manfaat kesehatan. (SHUTTERSTOCK)
Wasabi, bumbu berwarna hijau yang kerap dihidangkan bersama sushi ini, punya beragam manfaat kesehatan. (SHUTTERSTOCK)

Anda yang menggemari makanan Jepang, khususnya sushi, tentu mengenal wasabi. Untuk para penikmat pemula, wasabi bagaikan suatu shock teraphy. Rasa pedasnya tidak terasa di lidah, tetapi langsung menyerang hidung. Dijamin orang langsung megap-megap jika salah cara menyantapnya.

Namun salah satu kondimen dalam sushi ini ternyata memiliki berbagai manfaat penyembuhan. Wasabi, yang dibuat dari tumbuhan dari rumpun kubis, mampu mengatasi segala sesuatu; dari mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan lubang pada gigi, meningkatkan sirkulasi darah, dan mendukung oksigenasi dari jaringan sel ketika dikonsumsi untuk membantu Anda mengatasi kondisi hangover. Wasabi yang dioleskan di bibir bahkan bisa membuat bibir Anda lebih penuh, dan berfungsi sebagai perangsang hasrat seksual bila dikonsumsi kaum pria!

Dahulu, tumbuhan ini diandalkan untuk kemampuan antimikrobanya, dan digunakan suku asli Jepang untuk melindungi mereka dari keracunan makanan. Wasabi juga terbukti ampuh sebagai perantara antibakteri alami dengan konsentrasi potasium, kalsium, vitamin C, dan phytochemical yang tinggi. Hal tersebut mampu menguatkan antioksidan pada tubuh dalam mempertahankan dan mengobati kulit dari radikal bebas.

Wasabi juga tidak hanya bermanfaat ketika ditelan. Bumbu ini terbukti juga menguntungkan ketika diaplikasikan ke kulit. Akibat sifat alami wasabi, industri perawatan kulit bahkan memasukkan bahan ini ke sejumlah produk perawatan kulitnya. Di antaranya sebagai bahan dasar facial dan perawatan tubuh di spa-spa.

Beberapa produk perawatan kulit berbahan dasar wasabi tersebut antara lain Lather’s Wasabi Hand Washes, Lemongrass Wasabi Hand Wash, atau Naturopathica Green Tea Wasabi Mask untuk proses detoksifikasi pada wajah. Sayangnya, belum diketahui apakah ada di antara produk-produk tersebut yang bisa diperoleh di sini.

Anda ingin mencoba mengaplikasikan wasabi sebagai perawatan kulit Anda?

Minyak pemijat wasabi
Campurkan ¼ cangkir minyak sayur, dan ¼ cangkir minyak wijen ke dalam panci bergagang kecil. Panaskan dengan api kecil selama 2-3 menit, atau sampai hangat, tapi jangan sampai mendidih atau berasap. Angkat panci, lalu aduk ½ sendok teh pasta wasabi. Gunakan sendok kayu untuk mengaduk, karena sendok plastik bisa melarutkan bahan kimia.

Tutup panci, dan biarkan campuran tersebut mendingin selama setidaknya 1 jam. Lalu tambahkan 5 tetes minyak vitamin E (jika ada, Anda bisa meletuskan kapsul vitamin E berisi minyak), dan aduk sampai tercampur merata. Gunakan untuk memijat.

Source : female.kompas.com
COMMENT