SHARE THIS ARTICLE
Sushi. (Dok.Koiki Restoran)
Sushi. (Dok.Koiki Restoran)

Jika Anda pecinta sushi, membuat sushi sendiri di rumah pasti menyenangkan. Memang butuh waktu lama untuk dapat menciptakan sushi lezat. Sebelum Anda memulai atau setidaknya sebelum menjadi seorang profesional, ada teknik-teknik tertentu yang harus dikuasai.

Bentuk roll yang berbeda

Biasakan membuat roll sushi yang berbeda. Teknik yang digunakan tergantung pada apa yang Anda buat. Ada banyak jenis gulungan sushi, seperti maki-sushi yang hanya digulung, futomaki-sushi yang lebih tebal dan berisi berbagai topping, hosomaki-sushi yang lebih tipis dan hanya berisi satu jenis topping dengan tiga gulungan yang dililit nori.

Anda juga harus mengetahui apa saja bahan-bahan makanan yang menjadi isi dari sushi. Umumnya, sushi diisi dengan tempura, telur atau biji wijen. Nagiri adalah sushi yang dibentuk dengan tangan dan diberi topping seafood. Temaki merupakan gulungan atau kerucut yang dibentuk dengan tangan dan dibungkus dengan nori. Sashimi tidak menggunakan nasi, karena hanya berupa makanan laut mentah, dan lain-lain.

Pisau yang Baik

Keberhasilan sushi juga tergantung dengan pisau yang digunakan. Anda membutuhkan pisau sangat tajam untuk memotong ikan, dan pisau sayur yang memudahkan Anda mengupas, mengiris dan memotong-motong sayuran Anda.

Peralatan tepat

Peralatan dalam membuat sushi merupakan hal penting. Anda membutuhkan talenan dan saringan, mangkuk serta piring, sendok kayu dan mangkuk kayu. Khusus untuk sushi, Anda membutuhkan ricecooker yang terbaik. Selain itu, Anda juga membutuhkan tikar gulung untuk menggulung sushi. Pastikan tikar gulung tersebut terbuat dari plastik.

Kelola makanan

Sushi terkenal menggunakan bahan-bahan makanan segar. Jadi, Anda harus menjaga bahan-bahan tersebut untuk tetap segar. Saat membeli ikan atau makanan laut lainnya, buat potongan fillet dan masukkan ke dalam lemari pendingin. Pastikan Anda membeli ikan atau makanan laut lain yang berwarna cerah, jangan beli makanan laut jika sudah terlihat kusam.

Teknik menggulung

Menggulung sushi adalah bagian yang paling sulit. Tetapi, ada teknik-teknik yang mudah dipelajari. Misalnya, tidak mengambil nasi terlalu banyak atau bahan yang terlalu banyak. Karena jika isi atau nasi untuk sushi berlebihan, gulungan Anda akan berantakan.

Bahan pokok

Nasi untuk sushi harus dibuat dengan sangat baik. Ingat, bahwa koki sushi yang profesional membutuhkan pendidikan bertahun-tahun untuk menyempurnakan nasi mereka.

Pastikan Anda membersihkan nasi dan membilasnya hingga bersih. Gunakan saringan yang halus saat membilas nasi, bilas berulang kali hingga Anda merasa yakin beras yang akan Anda masak sudah bersih. Dan biasakan untuk menggunakan air dingin.

Rahasia Bumbu

Shari-zu merupakan perpaduan terbaik untuk membuat sushi. Yang Anda butuhkan adalah cuka beras, garam, dan gula. Tetapi pastikan Anda memilih cuka yang berbumbu. Jika Anda membuat dua cangkir beras, maka Anda membutuhkan 4 sendok cuka, 8 sendok teh gula, dan 1 sendok teh garam.

Sumber: Allwomenstalk

Source : life.viva.co.id
COMMENT