SHARE THIS ARTICLE

Ketika Anda meminta seseorang untuk menyebutkan satu hal tentang Jepang yang paling mengesankan untuk mereka, kemungkinan besar salah seorang akan menyebutkan tentang sistem transportasi.

Bertanggung jawab untuk mengangkut jutaan orang setiap harinya, kereta merupakan transportasi paling efisien di Jepang. Selama jam sibuk, kereta api melaju setiap 2 menit di setiap stasiun di Tokyo, dan pada umumnya hanya berjalan beberapa menit lebih lambat dari jadwal.

Sistem kereta bawah tanah Tokyo adalah jaringan dari sekitar 13 jalur kereta yang terpisah, memberikan layanan di wilayah metropolitan yang lebih besar dan seterusnya ke jalur kereta api pinggiran kota. Semua kereta memiliki warna yang beragam agar tidak membingungkan dan memudahkan untuk turis lokal dan asing. Selain memenangkan emas di departemen efisiensi, mungkin juga memenangkan emas di departemen kebersihan juga.

Meskipun demikian, ada satu hal yang mungkin sbagian akan suka atau tidak, atau bahkan lebih baik menghindar saja, tapi mungkin akan menjadi pengalaman sekali dalam seumur hidup mereka – jumlah yang penuh dari penumpang pada jam sibuk.

Saya baru-baru ini menemukan sebuah buku menarik, Tokyo Compression, dari fotografer terkenal Michael Wolf, yang mampu menangkap gambar dari sisi lain sehingga menjadi indah.

Seperti kata pepatah, sebuah gambar bernilai seribu kata, tapi jangan biarkan itu menghalangi kalian untuk pergi ke Jepang. Jepang adalah tempat yang benar-benar indah dan unik untuk tinggal dan dikunjung.

Nikmatilah!.

All photos ©Michael Wolf, Peperoni Books.

COMMENT