SHARE THIS ARTICLE

shigeru_mizuki_todomeki

Suatu hari diceritakan ada seorang gadis muda yang memakai jubah compang-camping dan mulai menyodorkan tangannya untuk sedekah berharap orang sekitar ada yang peduli terhadapnya. Tapi saat ada seseorang yang bersimpati padanya dan mulai menjatuhkan beberapa koin di tangannya, orang tersebut sontak berteriak karena melihat pemandangan yang tak lazim. Ratusan bola mata berkedip pada lengan si gadis tersebut seolah ingin berterima kasih pada orang yang memberi koin tersebut.

Itulah sepenggal cerita dari hantu Jepang bernama Todomeki – hantu yang mempunyai ratusan mata. Sebenarnya apa arti dari Todomeki itu sendiri? Melihat huruf kanjinya todomeki berarti ratusan mata iblis “百々 (todo, ratusan) + 目 ( aku, mata) + 鬼 (ki, iblis), namun ada pula arti yang menyebutkan todome, 鸟 目, yang berarti “mata burung” (鸟 todo, burung) + (目, mata). Namun ini tidak mengacu pada mata burung dalam arti yang sebenarnya.

sekien-dodomeki

Kisah awal Todomeki

Awalnya Todomeki hanya muncul di Toriyama Sekien. Sejarah menceritakan tentang seorang gadis muda lahir dengan tangan yang luar biasa panjang dan memanfaatkan ketidaknormalan fisiknya tersebut untuk mencuri uang. Dan menandai tubuhnya dengan ratusan mata burung untuk satu koin yang telah ia curi.

Selain Todomeki ternyata ada hantu lain dalam cerita rakyat Jepang yang menceritakan tentang hantu seratus mata atau yang lebih dikenal dengan nama Domeki. Bahkan karena saking terkenalnya cerita ini maka cerita pun menyebar dan terdapat suatu jalan yang memakai nama Domeki-dori (百目鬼 通り) di daerah gunung Myojin.

domeki_dori

Source : hyakumonogatari.com
COMMENT