SHARE THIS ARTICLE

tenmusu onigiri tempuraPernah mencicipi tenmusu? Apa itu tenmusu? Tenmusu itu adalah hidangan yang istimewa dengan tempura udang yang dibungkus dengan nasi onigiri yang dibuat dengan cara menekannya kuat-kuat di tangan dan dibentuk menjadi seperti bola atau segitiga, atau beberapa bentuk lain sesuai selera. Selain tempura udang, berbagai isiannya biasanya terdiri dari acar plum (umeboshi), serpihan bonito kering dengan soy sauce (okaka), atau salmon asin.

Dilansir dari japanesecooking101.com, tenmusu sebenarnya berasal dari sebuah restoran tempura di daerah Tsu (prefektur Mie), namun dikenal sebagai salah satu makanan daerah dari Nagoya (prefektur Aichi). Di tahun 1950-an, makanan ini awalnya diciptakan sebagai makanan para karyawan di restoran. Tak lama kemudian, di Nagoya dibuka cabangnya dan di tahun 80-an menjadi sangat populer. Kini kalian dapat membelinya di toko-toko onigiri di seluruh Jepang karena tenmusu telah menyebar secara luas.

Walau kalian dapat membuat ukurannya sesuka hati, namun sebenarnya ukuran tenmusu sedikit lebih kecil dari onigiri biasa, sehingga mungkin tidak dapat menahan udangnya, tergantung pada ukuran udangnya juga sih. Kalau ukuran udangnya terlalu besar, maka potong udangnya menjadi setengah bagian sehingga masih memiliki panjang yang cukup untuk memperlihatkan ujung udangnya, yang merupakan ciri khas dari tampilan tenmusu.

Jika kalian tidak memiliki saus tempura (saus serbaguna/mentsuyu), garam pun dapat digunakan sebagai bumbunya. Simak video di bawah ini untuk membuat tenmusu yang super lezat, apalagi jika kalian tidak tahu bagaimana membuat onigiri atau tempura!

Bahan-bahan

Rumput laut panggang
Nasi
Garam
Tempura udang (tanpa ekor)
Mentsuyu

Cara pembuatan

Potong lembaran rumput laut panggang menjadi 1/4 strip. Potong tempura udang menjadi setengah jika terlalu besar.
Bumbui nasi dengan sedikit garam.
Mulailah membuat bola-bola nasinya (simak video pembuatan onigiri di atas), celupkan udang di mentsuyu, dan letakkan di tengah-tengah nasi. Bentuk onigiri menjadi segitiga, dengan ujung udangnya muncul dari sudut atasnya. Bungkus dengan lembaran rumput laut panggang.

Source : japanesecooking101.com
COMMENT