SHARE THIS ARTICLE
image: vk.com
image: vk.com

Anda pasti tahu bahwa pikiran dan hati yang stres bisa sangat buruk untuk kesehatan. Bukan hanya makanan sehat dan olahraga cukup saja yang bisa menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit, pikiran yang segar bebas dari stres jauh lebih penting dan dibutuhkan tubuh.

Nah, seperti dikutip dari health.com, ada beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk aromaterapi dan sangat baik untuk relaksasi, beberapa di antaranya adalah

1. Daun mint

Daun peppermint memiliki rasa dan aroma menyejukkan di tenggorokan dan di indera penciuman. Mencium minyak mint bisa melegakan hidung tersumbat dan mampu meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Bahkan pemain basket yang mencium harum daun mint memiliki lebih banyak energi dan performa permainan lebih baik. Mencium aroma mint juga bisa meredakan sakit kepala.

2. Lemon

Aroma segar citrus atau jeruk memang sudah dikenal sejak dahulu, termasuk salah satunya yang paling terkenal adalah lemon. Peneliti di Jepang menemukan bahwa mereka yang mengalami depresi akan lebih tenang dan tidak cemas ketika mencium aroma lemon. Lemon berperan sebagai antidepresan sekaligus membantu menormalkan kadar hormon bahagia.

3. Bunga lavender

Bunga warna ungu yang cantik ini dapat bekerja sebagai relaksasi dan dapat meningkatkan kinerja gelombang alpha dalam otak yang akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Aroma lavender juga sangat baik mengurangi nyeri kram perut saat menstruasi dan mengatasi emosi saat PMS.

4. Jeruk

Aroma jeruk juga agak berbeda dengan aroma lemon. Sama-sama memiliki aroma segar, buah jeruk lebih baik dalam meredakan kecemasan, gelisah atau khawatir. Saat panik, akan lebih baik pula jika mencium bau jeruk karena memberi efek relaksasi yang baik. Aroma jeruk purut juga sangat segar dan terkenal sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran.

Nah, silahkan pilih aromaterapi mana yang Anda suka dan semprotkan ke dalam rumah Anda agar istirahat di rumah semakin nyaman.

Source : vemale.com
COMMENT