SHARE THIS ARTICLE
Foto: www.protocolsnow.com
Foto: www.protocolsnow.com

Anda suka makan mi? Mungkin jenis mi dari Jepang ini bisa dicoba. Rasanya enak lembut kenyal, dengan tekstur yang halus tipis. Selain itu, karena bahan dasarnya berasal dari buckwheat membuat mi ini jauh lebih sehat. Coba saja!

Selain udon dan ramen, Jepang masih memiliki satu jenis mi lainnya. Ya, soba namanya. Bagi sebagian orang apalagi mereka yang memang menggila dengan hidangan Jepang, mungkin soba bukanlah hal asing lagi. Tapi untuk sebagian lainnya, soba mungkin jadi satu hal yang baru.

Soba merupakan jenis mi yang berbahan dasar tepung buckwheat. Buckwheat masih satu rumpun dengan gandum dan padi-padian lainnya. Biasanya buckwheat yang digunakan adalah yang baru dipanen dan dijadikan tepung sebelum diolah menjadi soba. Bentuk soba berbeda dengan udon, soba memiliki bentuk yang tipis berbanding terbalik dengan udon yang cenderung lebih tebal. Di Jepang, buckwheat banyak di produksi di daerah Hokaido.

Seperti gandum, Buckwheat memiliki kadar serat yang cukup tinggi. Dalam satu porsi soba tak hanya kandungan karbohidrat saja yang terpenuhi, tapi juga kebutuhan serat harian bisa tercukupi. Soba biasa dijadikan dengan kuah kaldu dan juga isian komplet mulai dari sayuran, daging, hingga seafood.

Soba bisa ditemui di beberapa toko yang menjual kebutuhan dari Jepang. Biasanya dijual dalam keadaan kering sehingga cukup memudahkan dalam pengolahannya.

Source : food.detik.com
COMMENT