SHARE THIS ARTICLE

Awal tahun ini, salah satu grup idola pria populer asal Jepang, SMAP sempat mengumumkan akan bubar, namun mereka pun batal bubar, hingga membuat Perdana Menteri Jepang merasa lega. Akan tetapi kini telah diputuskan dan diumumkan secara resmi melalui agensi mereka, Johnny & Associates, bahwa SMAP bubar tanggal 31 Desember.

Dikutip dari berbagai sumber, meski bubar, seluruh anggota SMAP yaitu Masahiro Nakai, Takuya Kimura, Tsuyoshi Kusanagi, Goro Inagaki dan Shingo Katori, akan fokus pada karir solo mereka dan tetap tergabung dalam agensi Johnny & Associates Inc. Agensi tersebut menyatakan bahwa para anggota SMAP sulit untuk melanjutkan kegiatan mereka sebagai satu grup, dan meskipun Johnny & Associates telah menawarkan mereka untuk hiatus namun para anggota SMAP berkeinginan untuk bubar.

SMAP tampil dalam konser di Beijing pada bulan September 2011. (image: CHINA DAILY / VIA REUTERS via japantimes.co.jp/)
SMAP saat tampil dalam konser di Beijing pada bulan September 2011. (image: CHINA DAILY / VIA REUTERS via japantimes.co.jp/)

SMAP, yang merupakan singkatan dari Sports Music Assemble People, terbentuk sejak tahun 1988 yang kemudian merilis single perdana mereka pada tahun 1991 dan telah menetaskan banyak lagu hits yang terjual jutaan copy, seperti “Sekai ni Hitotsu Dake no Hana” dan “Lion Heart.” Mereka juga telah 23 kali tampil dalam acara tahun baru Kohaku Utagassen yang populer di saluran NHK. Tiap anggotanya juga telah tampil terpisah di berbagai film dan serial drama televisi.

Kabar SMAP bubar jelas mengejutkan dan membuat kecewa para penggemar mereka baik di Jepang maupun negara Asia lainnya seperti China, Taiwan dan Korea Selatan. Beberapa di antara para penggemar mereka di Jepang pun segera mengantri untuk membeli berbagai merchandise terkait idola mereka di toko Johnny’s Harajuku di Shibuya. Selain itu, fanclub resmi SMAP pun mengumumkan tidak akan menerima anggota baru lagi.

Berikut ini adalah pernyataan dari agensi dan para anggota SMAP mengenai bubarnya grup tersebut dikutip dari tokyohive.com.

Johnny & Associates:

Terima kasih atas dukungan Anda untuk SMAP.

Kami telah membuat semua orang khawatir tentang kegiatan SMAP di masa depan, dan kini kami ingin melaporkan kesimpulan yang dibuat setelah berkonsultasi dengan para anggotanya beberapa kali.

SMAP yang telah melakukan kegiatan grup mereka sebagai seniman/artis selama 25 tahun sejak debut mereka, akan bubar setelah tanggal 31 Desember 2016.

Setelah menerima niatan para anggotanya untuk tetap bernaung di agensi dan melanjutkan kegiatan grup mereka pada bulan Januari tahun ini, agensi kami telah menyiapkan berbagai hal dengan segala cara untuk mendukung SMAP. Mulai Februari hingga 10 Agustus, kami telah menghabiskan lebih dari 6 bulan dalam melakukan pertemuan dengan masing-masing anggota secara individu dan semua anggota secara bersama-sama, dengan mengusulkan pada mereka untuk penampilan seperti biasanya di acara musik, menggelar konser dan acara peringatan untuk ulang tahun ke-20 dari acara TV mereka, serta ulang tahun ke 25 tahun sejak debut CD mereka. Namun, selama konsultasi, beberapa anggota mengatakan kepada kami bahwa ‘sulit untuk meneruskan sebagai grup dengan ‘situasi saat ini’ dari para anggotanya, yang menyebabkan grup tersebut tidak tampil di berbagai acara musik selama bulan Juli.

Pada bulan Agustus, kami menyarankan mereka untuk beristirahat sebagai sebuah grup untuk meluangkan beberapa waktu dalam meikirkan itu semua hingga seluruh situasi terselesaikan dengan cara yang positif, demi orang-orang yang menunggu. Tapi beberapa anggota lebih memilih ‘bubar daripada beristirahat.’ Meskipun itu adalah keputusan yang sulit, dengan rasa hormat terhadap mereka yang telah terus berjalan hingga saat ini, kami berpikir bahwa sulit untuk meneruskan diri mereka sebagai sebuah grup jika beberapa anggotanya ada yang ingin membubarkan diri.

Kami merasa tidak enak karena ketidakmampuan kami yang tidak dapat memenuhi dukungan dan harapan para penggemar yang bersemangat menantikan konser dan acara ulang tahun ke-25 mereka. Harap menerima permintaan maaf dari kami.

Meskipun SMAP bubar setelah tahun ini, mereka semua akan terus bernaung dalam agensi, dan masing-masing akan melakukan yang terbaik dalam kegiatan solo, jadi kami ingin meminta dukungan Anda seperti saat ini.

Kami akan sangat menghargai panduan dan dorongan lebih lanjut dari Anda.

Masahiro Nakai:

Untuk para penggemar dan orang-orang yang bersangkutan, perkenankan kami mengumumkan bahwa kami, SMAP, akan bubar. Saya sangat menyesal telah menyulitkan dan membuat Anda khawatir. Terima kasih atas semua dukungan Anda pada kami selama bertahun-tahun. Harap maafkan kami karena muncul dengan kesimpulan semacam ini. Saya benar-benar menyesal…

Takuya Kimura:

Mengenai ‘pembubaran grup’ ini, saya secara jujur menyesal. Tapi untuk konser ulang tahun ke-25 atau berbagai kegiatan grup kami, tidak ada yang bisa saya lakukan jika lima orang dari kami tidak bersama-sama, sehingga semua yang bisa saya lakukan saat adalah mencoba memahami. Mengabaikan perasaan para penggemar yang banyak mendukung kami, dan anggota staf, ini berakhir dengan kesimpulan menyedihkan sebagai ‘pembubaran’. Saya tidak tahu harus berkata apa sekarang.”

Goro Inagaki:

Untuk para penggemar dan staf, saya benar-benar menyesal telah menyulitkan dan membuat Anda khawatir. Kami berpikir bahwa sulit untuk melanjutkan kegiatan grup kami dalam situasi kami saat ini, jadi kami telah memutuskan untuk ‘bubar’ meskipun itu adalah keputusan yang sulit. saya harap Anda mengerti maksud kami. Terima kasih banyak atas 28 tahun terakhir. “

Tsuyoshi Kusanagi:

Kami, SMAP, telah memilih jalan untuk bubar. Untuk para penggemar yang selalu bersorak untuk kami, dan pihak-pihak terkait yang telah mendukung kami, terima kasih banyak atas 28 tahun sejak pembentukan grup ini. Kami akan terus mengabdikan diri kami sendiri, jadi saya akan senang jika Anda memperhatikan kami dengan hangat.”

Shingo Katori:

Untuk para penggemar dan anggota staf, kami, SMAP, membubarkan diri. Saya sungguh-sungguh ingin memberikan rasa terima kasih saya kepada banyak orang yang telah mendukung kami, dan juga saya sangat menyesal atas pengumuman mendadak ini.”

Bagaimana komentar kalian atas bubarnya SMAP?

(Featured image: aramajapan.com)

Sources :
COMMENT