Share on

Johnny Kitagawa pendiri salah satu agensi terbesar di Jepang yaitu Johnny & Associates, dikabarkan meninggal pada usia 87 di sebuah rumah sakit di Tokyo pada hari Selasa 9 Juli lalu. Kitagawa telah dirawat di rumah sakit sejak bulan Juni lalu akibat Stroke.

Advertise With Us

Kitagawa menghabiskan hari-hari terakhirnya di rumah sakit ditemani oleh talent senior dan trainees dari agensinya yang sudah seperti anaknya sendiri, berbicara tentang kenangan-kenangan bersamanya dengan ditemani alunan musik, ungkap agensinya.

Johnny Kitagawa Pendiri dari 'Johnny & Associates' Meninggal di Usia 87
Arashi (Gambar: yahoo.co.jp)

Kitagawa lahir di Los Angeles pada tahun 1931, pria berdarah Jepang-Amerika ini banyak menghabiskan waktunya dengan berpindah-pindah antara Jepang dan Amerika. Ia akhirnya menetap di Jepang pada tahun 1950-an setelah mengabdi bersama tentara AS mengajar bahasa Inggris pada anak yatim semasa Perang Korea.

Johnny Kitagawa Pendiri dari 'Johnny & Associates' Meninggal di Usia 87
Johnny Kitagawa Gambar: Kyodo News)

Kitagawa pertama kali mendapat inspirasi dari film musikal AS “West Side Story”, sebuah cerita dimana berbagai karakter dari latar belakang yang berbeda saling membangun hubungan persahabatan dengan nyanyian dan tarian.

Ia kemudian masuk dalam industri hiburan dengan grup beranggotakan 4 orang yang disebut Johnny’s. Ia juga mampu untuk bertahan ditengah pandangan umum pada saat itu dimana menari kurang dapat diterima untuk pria.

Kitagawa mendirikan Johnny & Associates Inc. pada tahun 1962 dan telah banyak menghasilkan grup musik pop pria terkenal seperti SMAP, Arashi, KAT-TUN, dan Hey! Say! Jump.

Johnny Kitagawa Pendiri dari 'Johnny & Associates' Meninggal di Usia 87
SMAP (AP Photo/Xinhua, Jin Liangkuai ft.com)

Kitagawa juga tidak membatasi para talentnya pada mengeluarkan musik, tapi juga menempatkan mereka pada berbagai acara TV dan variety, yang membuatnya mampu memonopoli dunia hiburan dengan boy bands selama lebih dari 50 tahun.

 

Source & Featured Image: Kyodo News