SHARE THIS ARTICLE

Dua minggu lalu 8 polisi Indonesia belajar ke Toyama Jepang mengenai sistem Koban dan berbagai sistem di kepolisian Jepang. Sistem Koban mungkin di Indonesia mirip dengan sistem Siskamling. Tapi nama Koban kini terkenal di berbagai negara sebagai sistem pelayanan keamanan lingkungan yang dilakukan polisi Jepang dengan pos polisi yang berfungsi 24 jam. Pelayanannya baik, tanggap, bahkan bentuk pos polisi yang menarik perhatian masyarakat. Tidak lagi berbentuk menyeramkan atau sangat resmi seperti pos polisi biasa.

“Koban memang kami kembangkan untuk semakin mendekati ke masyarakat karena tanpa bantuan masyarakat pun polisi sebenarnya menjadi kurang efektif dan jumlahnya pun sangat terbatas di Jepang. Biar bagaimana pun masyarakat sangat penting bagi kami,” ungkap sumber Tribunnews.com, Senin (13/10/2014).

Lihat saja pos polisi di Ikebukuro Tokyo Jepang seperti rumah burung hantu. Pos polisi di tempat wisata sangat ramai di Ginza, bentuknya seperti chappel atau seperti gereja mini atau seperti rumah dalam dongeng Harry Potter.

Semua itu mencerminkan upaya polisi Jepang berusaha mendekati masyarakat, tidak menjadi bagian yang menakutkan sehingga siapa pun sangat diterima terbuka di pos polisi Jepang. bahkan kini mulai banyak orang berfoto di depan Koban yang “lucu-lucu” tersebut.

Sistem Koban ini dimasyarakatkan Jepang dengan bantuan dana pemerintah Jepang lewat bantuan JICA (Japan International Cooperation Agency). Di Indonesia mulai diterapkan sistem Koban sejak 2004 di Bekasi. Di Brasil sejak 1997. Hasilnya tahun 2008 semakin aman keadaan di sekeliling Koban, turun 20 persen tingkat kejahatan di sana.

Lalu di El Salvador diterapkan sejak 2013. Di Singapura sejak 1983 dengan nama Neighborhood Police Center. Demikian pula di Kamboja kini akan diterapkan sistem Koban.

Koban yang berfungsi 24 jam di Jepang ada sejumlah 14.700 lokasi tempat polisi. Polisi berjaga bergantian. Sebanyak 6.600 lokasi Koban dan 8.100 gardu polisi. Tokyo paling banyak Koban ada sejumlah 1.084 lokasi Koban. Lalu perfektur Hyogo ada 701 Koban dan di Hokkaido ada 725 lokasi Koban. Mereka melakukan patroli ke sekelilingnya menggunakan sepeda.

– Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo –

Source : TribunNews
COMMENT