Shoichi Yokoi, Tentara Jepang yang Bersembunyi Selama 27 Tahun Setelah Perang Dunia 2

2 min


Ketika perang berakhir, sebagian besar tentara Jepang ditangkap sebagai tawanan perang atau dipulangkan ke Jepang. Namun sangat sering, tentara Jepang tidak yakin bahwa perang telah berakhir dan ingin memastikan mereka menghindari penangkapan oleh musuh. Shoichi Yokoi (横 井 庄) adalah seorang sersan Jepang di Angkatan Darat Kekaisaran Jepang (IJA) selama Perang Dunia Kedua. Dia termasuk di antara tiga tawanan perang asal Jepang terakhir yang ditemukan setelah berakhirnya peperangan pada tahun 1945. Dia ditemukan di hutan Guam pada 24 Januari 1972, hampir 28 tahun setelah pasukan AS telah mendapatkan kembali kendali atas pulau itu pada tahun 1944.



Awalnya, Yokoi berkerja dengan Divisi Infanteri ke-29 di Manchukuo. Pada tahun 1943, ia dipindahkan ke Resimen ke-38 di Kepulauan Mariana dan tiba di Guam pada Februari 1943. Ketika pasukan Amerika merebut pulau itu pada Pertempuran Guam di tahun 1944, Yokoi bersembunyi dengan sembilan tentara Jepang lainnya. Tujuh dari sepuluh orang akhirnya pindah dan hanya tiga yang tersisa di wilayah tersebut. Orang-orang ini terpisah tetapi saling mengunjungi sampai sekitar tahun 1964, ketika dua lainnya meninggal karena bencana banjir.

(image: Atlas Obscura)

Delapan tahun terakhir Yokoi hidup sendiri. Yokoi selamat dengan berburu, terutama pada malam hari. Dia menggunakan tanaman setempat untuk membuat pakaian, tempat tidur, dan alat penyimpanan, yang dia sembunyikan dengan hati-hati di guanya. Yokoi juga membuat jebakan dari buluh liar untuk menangkap belut. Dia juga menggali tempat perlindungan bawah tanah, yang didukung oleh tongkat bambu yang kuat.

Gua yang dibuat Shoichi Yokoi (image: the vintage news)

Ketika dia sangat sakit di hutan, dia menulis: “Tidak! Saya tidak bisa mati di sini. Saya tidak bisa menyerahkan mayat saya kepada musuh. Saya harus kembali ke lubang saya untuk mati. Sejauh ini saya berhasil bertahan hidup tetapi semua tidak ada hasilnya sekarang. “



Pada tahun 1972, Yokoi sendirian ketika ia ditemukan oleh dua nelayan lokal dan ditangkap. Akhirnya Yokoi kembali ke Jepang dan menjadi bahan perbincangan.

Ini sangat memalukan, tetapi saya telah kembali,” kata Yokoi pada kedatangannya kembali di Jepang. Meski dia tahu bahwa perang itu sebenarnya telah berakhir sejak 1952, dia masih enggan untuk keluar dari persembunyiannya. “Kami tentara Jepang diberitahu untuk lebih memilih mati daripada ditangkap hidup-hidup,” katanya.

(image: pinterest)

Kehadirannya di Jepang membuat dia dikepung oleh media, diwawancarai di radio dan televisi, dan secara teratur diundang untuk menjadi pembicara di universitas dan di sekolah-sekolah di seluruh negeri.

Meskipun ia tidak pernah bertemu Kaisar Hirohito, saat mengunjungi pekarangan Istana Kerajaan, Yokoi berkata, “Yang Mulia, saya telah kembali ke rumah … Saya sangat menyesal bahwa saya tidak dapat melayani Anda dengan baik. Dunia sudah pasti berubah, tetapi tekad saya untuk melayani Anda tidak akan pernah berubah.

Shoichi Yokoi meninggal pada tahun 1997 karena serangan jantung pada usia 82 tahun, dan dimakamkan di pemakaman Nagoya.

(featured image: The Olympians)

Sources :


What's Your Reaction?

LOL LOL
89
LOL
Sugoi! Sugoi!
129
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
130
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
23
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
27
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
39
Daisuki!
Kowai Kowai
52
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
115
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes