SHARE THIS ARTICLE

Apa yang akan kalian lakukan bila ada tindakan terorisme terjadi di depan mata? Jepang memang hampir-hampir tidak pernah tersentuh tindakan terorisme dalam beberapa kurun waktu terakhir namun demi mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi seorang seniman Jepang dengan akun twitter @Yupendy_ membuat sebuah infografis menarik. Isinya adalah beragam tindakan yang harus dilakukan bila aksi terorisme terjadi dengan materi yang dia dapatkan saat mendapat latihan tindakan pencegahan terorisme di Amerika.

Seniman Jepang Buat Infografis Penyelamatan Saat Terjadi Aksi Terrorisme

Beginilah kira-kira terjemahan dari infografis penyelamatan ini:

  1. Biasakan mengecek di mana pintu keluar dan pintu keluar darurat
  2. Tingkat penyelamatan hidup akan naik bila dekat dengan tiang besar atau tembok terpartisi
  3. Ketika sesuatu terjadi, jangan berlari ke arah tempat kejadian. Jangan mengambil foto. Bahkan jika panik, jangan berdiri.
  4. Jika ada tembakan atau bom, menjauhlah dengan tiarap. Usahakan meletakkan kepala serendah mungkin. Berpura-pura mati tidak akan berguna.
  5. Bila kehilangan seseorang, jangan mencari orang itu. Lebih baik bersembunyi sendiri.
  6. Bila ada kasus senjata kimia, sebuah sapu tangan dapat menjadi penentu hidup dan mati. Usahakan selalu menyimpannya di saku kalian.

Beberapa hal yang menghentikan peluru:

  • Tembok yang tidak terbuat dari kayu
  • Pohon besar

Benda yang tidak mengentikan peluru

  • Tempat sampah
  • Vas bunga
  • Perabotan kayu
  • Kursi bioskop
  • Pintu mobil

Seniman Jepang itu juga menyebutkan bila ditawan oleh teroris yang suka mengancam dan membunuh, kesempatan untuk bertahan hidup bisa hanya sampai 30 persen. Yang paling terpenting adalah lari, jangan merekam video dan jangan melawan. Akan tetapi dia juga mengatakan bila infografis penyelamatan ini jangan membuat kalian menjadi paranoid. Masukkan tips ini ke dalam kepala kalian dan menyatu dengan insting bertahan hidup.

Mengajarkan sebuah hal yang baru untuk bertahan hidup, sangat berguna bukan?

Source : rocketnews24.com
COMMENT