SHARE THIS ARTICLE

Sebuah robot humanoid kecil yang dapat berbicara akan dikirim ke ruang angkasa untuk menemani percakapan untuk astronot Jepang pada suatu misi selama enam bulan, sesuai dengan rencana baru.

kibo-robot-astronot-space-japan

Robot miniatur tersebut akan tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station / ISS) musim panas mendatang, beberapa bulan menjelang astronot Koichi Wakata, menurut kantor Kibo (Hope) Robot Project Jepang.

Dengan tinggi 34 cm dan berat sekitar satu kilogram, android kecil ini diprogram untuk mengenali wajah Koichi dan berkomunikasi dalam bahasa Jepang, kata kantor proyek tersebut, dan menambahkan bahwa robot itu juga akan mengambil berbagai foto selama perjalanan.

Robot ini akan mengirim informasi ke Bumi dari laboratorium Kibo Jepang di stasiun luar angkasa, di mana ia akan menghabiskan waktu sementara Koichi sibuk melaksanakan misinya sebagai komandan ISS.

Sebuah sketsa kartun dari teman ruang angkasa ini telah dirilis pada hari Kamis dan menunjukkan sosok berwarna hitam-perak dengan sepatu merah terang.

Penyelenggara misi tersebut meminta berbagai saran dari publik untuk nama robot ini, yang juga akan memiliki saudara kembar di Bumi yang melakukan hubungan masyarakat.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Tokyo, memimpin agensi iklan Dentsu dan pencipta robot Tomotaka Takahashi yang mengorganisir proyek ini.

Website proyek ini dapat ditemukan di: http://kibo-robo.jp/

(Source: www.japantoday.com)

COMMENT