SHARE THIS ARTICLE

Resep kaldu miso dengan salmon wijen & mie udon, oishii!Cara membuat kaldu untuk sup itu berbeda-beda, tergantung dengan orang yang memasaknya. Miso sendiri merupakan bentuk fermentasi kacang kedelai, dan dengan bahan dasar dashi, yaitu kaldu dari hasil rebusan kombu (rumput laut), kita bisa menghasilkan sup miso. Sup miso merupakan masakan sangat sederhana yang sangat mudah disiapkan dalam waktu singkat. Sup Jepang dengan bumbu miso ini sangatlah enak, apalagi kalau dipadukan dengan salmon wijen & mie udon. Mau mencoba membuatnya? Yuk lihat resep dan cara pembuatannya berikut ini dikutip dari japanbullet.com!

Bahan-bahan

1.5L (6 gelas) air
1 sendok makan bubuk kaldu ayam yang telah dikurangi garamnya
100g (1/3 cangkir) pasta miso putih
2 x 200g mie udon segar
3 siung bawang merah, dipotong-potong tipis berukuran 4cm
1 ikat choy sum (sawi bunga), dipotong-potong tipis berukuran 5cm
Minyak zaitun
2 salmon fillet (masing-masing sekitar 210g), kupas kulitnya
1 sendok makan biji wijen
Soy sauce, untuk penyajiannya
Bawang merah, sebagai tambahan, iris tipis, untuk penyajiannya

Cara pembuatan

Tempatkan air dan bubuk kaldu dalam panci besar dengan panas tinggi. Didihkan. Tambahkan pasta miso dan aduk sampai miso larut. Kurangi panas sampai sedang dan didihkan hingga lembut.

Tambahkan mie dan masak selama 1-2 menit atau hingga lunak. Tambahkan bawang merah dan choy sum dan masak selama 1 menit atau hingga choy sum layu.

Sementara itu, panaskan wajan anti lengket di atas api sedang. Semprotkan minyak zaitun. Masak salmon selama 2-3 menit untuk setiap sisinya hingga sedang atau hingga ikan mudah menjadi serpihan saat ditusuk dengan garpu. Taburi dengan biji wijen.

Potong salmon menjadi potongan besar. Bagikan kaldu dan mie di antara mangkuk saji. Siram dengan soy sauce dan taburi dengan bawang merah.

Source : japanbullet.com
COMMENT