SHARE THIS ARTICLE

Wah! Kucing Ternyata Pahami Ilmu Fisika!

Tahukah kalian bahwa kucing secara alami memahami ilmu fisika? Hal itu diungkap oleh penelitian yang dilakukan tim peneliti Jepang di Universitas Kyoto. Lewat penelitian menarik ini dapat diketahui bahwa kucing menggunakan elemen sederhana fisika dalam gaya berburu mereka, sekaligus menjelaskan mengapa mereka bisa menemukan mangsa bahkan di area yang sulit terlihat.

Dari 45 ekor kucing domestik yang berasal dari kafe kucing atau kucing rumahan yang akan diuji, 15 gagal, karena faktor takut atau tidak peduli dengan percobaan ini. Percobaan akhirnya melibatkan 30 ekor kucing yang ditempatkan di ruang pribadi dan menjalani empat kondisi percobaan.

Mereka dinilai reaksinya saat diterpa suara berderak di mana sebuah objek jatuh dari sebuah wadah dan suara gemeretak di mana tidak ada objek yang jatuh. Kemudian, pada kondisi di mana tidak ada mainan dan tidak ada suara objek, serta kondisi tidak ada mainan tetapi ada suara objek jatuh.

Ternyata kucing cenderung menggunakan suara untuk memprediksi apakah suatu objek akan jatuh ketika wadah ditampakkan. Kucing mengembangkan kemampuan kognitif untuk mendeteksi keberadaan mangsa yang sulit terlihat. Dapat disimpulkan bahwa pendengaran kucing lebih mendominasi daripada penglihatannya.

Apakah kucing di sekitar kalian adalah hewan jenius yang paham ilmu fisika juga?

Source : rocketnews24.com
COMMENT