SHARE THIS ARTICLE

Belum pernah ke maid cafe sebelumnya? Tak tahu apa yang harus diharapkan maupun bagaimana cara bersikap? Berikut ini panduan tentang maid cafe yang akan membuat kalian jadi ahli dalam waktu singkat!

Apa itu maid cafe?

Maid cafe merupakan sebuah kafe maupun restoran tematik dimana para pelayannya (wanita) berkostum seperti maid dan mereka biasanya menyapa tamunya sebagai “tomu” (master) atau “yumi” (lady) dan menciptakan atmosfir “rumah” fantasi.

Untuk catatan, jangan sampai tertukar antara maid cafe dengan cosplay cafe.

Sejarah para maid

5a 1126_maidreamin_03

Maid cafe pertama muncul di Akiba tahun 2001 di lantai 6 GEE! Store Akihabara. Maid cafe tersebut bergaya Eropa klasik bernama “Cure Maid Cafe” yang dikelola oleh induk perusahaan COSPA.

Setelah itu, Gamers menempati lantai ke-6 dan menjalankan cosplay cafe bernama Pia Carrot. Ketika COSPA mengambil alih, mereka melakukan penelitian pasar untuk mencari tahu apa yang diinginkan oleh konsumen dan menemukan bahwa game PC dengan maid dan waitres sebagai karakternya sangatlah populer.

Mereka memutuskan untuk mengkombinasikan keduanya, dan jadilah Cure Maid Cafe.

Puncak popularitas maid cafe terjadi pada tahun 2005 dimana terdapat 70 maid cafe. Kini jumlahnya menyusut hingga kira-kira 50 saja. Kini maid cafe terdapat di seluruh Jepang dan bahkan di negara lainnya seperti Hong Kong, Taiwan, Singapura, Cina, dan Amerika.

Maid cafe bukan sekedar tempat dimana kalian dapat mencari maid. Terdapat juga pijatan maid maupun refleksi kaki, salon maid, jasa laundri maid, panduan maid, dan lain-lain. Tren maid ini perlahan menurun seiring dengan banyaknya toko yang tutup. Namun, tempat baru tetap saja bermunculan dan muncul jenis lainnya seperti miko-san cafe, train izakaya Little TGV, idol-based cafe and bar, Dear Stage, semua mulai muncul selama beberapa tahun terakhir.

Sementara di luar negeri imej dari maid terkadang terkesan begitu erotis dan agak seksi, tidak begitu dengan maid di Jepang. Walaupun maid kerap disalahartikan dengan hostes, secara sederhana maid adalah waitres yang berkostum seperti maid dan memainkan peran fantasi.

Konsumen maid cafe tidak mengharapkan layanan yang erotis; karena idealnya maid mewakili gambaran kemurnian dan kepolosan, seperti itulah maid yang sesungguhnya.

Etika maid cafe

5b 1375871781299

1. Sabarlah menunggu dalam barisan saat terjadi antrian

2. Tunggu hingga waitres mengantarkan kalian pada meja kalian.

3. Jangan mengambil foto maid maupun maid cafe tanpa permisi.

4. Jangan menyentuh maid.

5c natsuki4

Omelette Rice / Omu Rice

Sebuah maid cafe biasanya menyediakan Omelette Rice (Omu Rice) dengan dekorasi saos yang disajikan oleh maid. Pelanggan dapat meminta maid untuk menggambar kata atau motif favorit mereka di omelette rice.

Momen yang mengesankan ketika para maid dengan tekun menggambar di atas omelette rice di dekat pelanggan merupakan momen yang sangat moe! Tak sulit juga untuk menemukan dekorasi imut di kopi maupun di piring dessert kalian, walaupun itu bukan standar resminya.

Cheki

Memotret maid tidak diijinkan di maid cafe karena di sana ada sistem “cheki” untuk semua maid cafe. “Cheki” merujuk pada foto polaroid baik itu foto maid sendiri maupun foto bersama maid. Ketika kalian mengambil foto bersama maid, itu disebut “two shot” karena ada 2 orang dalam 1 foto.

Harga standar untuk sebuah cheki adalah 1000 yen dan biasanya kalian dapat memilih maid mana yang kalian inginkan untuk di foto. Foto yang diambil oleh/bersama maid akan didekorasi dulu sebelum diserahkan pada kalian.

Permainan

Kebanyakan permainan yang dapat kalian temukan di maid cafe merupakan permainan sederhana yang dimainkan oleh anak-anak, seperti Jenga. Ini merupakan cara terbaik untuk lebih dekat dengan maid tanpa komunikasi verbal.

Suvenir di maid cafe

Gachapon, bromides, badge, maupun mobile phone straps merupakan tipikal suvenir yang bisa kalian temukan di maid cafe. Maid cafe besar seperti Pinafore memiliki omelete rice dalam kaleng merk mereka sendiri, sementara @home cafe memiliki roti dalam kaleng.

Maid cafe biasanya memiliki desain tatakan gelas sendiri yang menarik yang bisa dibawa pulang secara gratis sebagai suvenir.

Bel

Dipopulerkan oleh Royal Milk, kalian dapat menemukan bel di beberapa maid cafe yang digunakan untuk memanggil maid untuk datang. Jangan mencoba menarik perhatian maid dengan berkata “sumimasen”, mereka hanya merespon pada bel.

Maidols

Berasal dari kombinasi “Maids” dan “Idols”. Beberapa maid cafe merekrut idol untuk bekerja di maid cafe mereka. Kalian dapat meminta maid untuk menyanyi di panggung dengan harga standar 500 yen, dan tentu saja semua orang akan menikmatinya dan mereka akan berterima kasih pada kalian untuk itu.

Kalian juga dapat membeli gambar maid atau CD mereka di maid cafe. @home cafe punya toko yang khusus menjual berbagai pernak-pernik maidol mereka di lantai 5 Don quijote, tak jauh dari kafe mereka.

Antrian

Antrian sudah biasa terjadi di maid cafe dimana @home cafe memiliki antrian terpanjang. Sangat biasa untuk menunggu hingga 1 jam selama jam sibuk maupun di akhir pekan. Rata-rata waktu menunggu untuk maid cafe antara 20-30 menit, sementara waktu minum teh saat hari kerja merupakan waktu antrian terpendek (jika ada).

Event

Maid cafe biasanya menggelar event selama musim festival maupun sebagai promo yang berkaitan dengan perilisan anime maupun game terbaru. Maid mungkin akan mengganti pakaian dan menu, begitu juga dengan interior yang akan di desain ulang untuk waktu terbatas.

Biaya tambahan di maid cafe

Di beberapa tempat, ada “counter charge” dimana tempat duduk di counter akan dikenakan biaya ekstra (kira-kira 500 yen) karena tempat tersebut sangat populer diantara mereka yang ingin lebih dekat dengan para maid.

Kebanyakan para pelanggan tetap maid cafe akan duduk di counter. Mereka yang baru datang pertama kali akan memilih tempat yang lebih privat. Terkadang ada juga “entry charge” yang disebut Kitakuryou“, yang berarti “biaya pulang ke rumah” dimana kalian harus membayar biaya ekstra mulai dari 500 yen untuk masuk ke maid cafe.

Biasanya entry charge dan sebuah minuman sudah termasuk paket, sehingga biaya minimum untuk masuk ke maid cafe kira-kira 1000 yen. Entry charge juga memiliki waktu yang terbatas – berkisar antara satu atau dua jam. Jika kalian ingin tinggal lebih lama, bayar lebih saja!

Maid cafe populer

5d atcafemaid

Berikut beberapa maid cafe populer di Akihabara (disusun berdasarkan alfabet):

– @home cafe
– Cos-cha cafe and kitchen
– Cure Maid Cafe
– MaiDreamin
– Mailish
– Nagomi
– Pinafore

Source : OtakuMind
COMMENT