SHARE THIS ARTICLE

Seperti yang sudah Anda ketahui, origami merupakan seni melipat kertas yang terkenal berasal dari serta dikembangkan di Jepang. Sebagai hobi origami memang terlihat mudah dan sangat sepele, tapi jika dilihat sebagai sesuatu yang mendidik, origami memiliki peran yang sangat besar. Wah apa saja sih manfaat dari seni melipat kertas ini?

Foto: copyright shutterstock.com
Foto: copyright shutterstock.com

Seperti yang telah dilansir oleh simpleepaper origami merupakan seni melipat kertas menjadi suatu bentuk atau gambaran tertentu seperti hewan, tumbuhan, tokoh kartun, ataupun benda-benda lainnya. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti. Melalui origami ini Anda akan belajar tentang banyak hal terutama tentang kesabaran. Anda akan juga bisa mengembangkan daya imajinasi, keterampilan tangan, melatih motorik halus, serta belajar untuk menghargai suatu karya.

Ternyata, origami ini juga dipercaya untuk menambah kecerdasan seseorang. Origami dapat meningkatkan kemampuan matematika. Dalam proses lipat-melipat pasti terjadi perhitungan, membagi kertas menjadi beberapa lipatan, atau bagaimana membagi kertas tersebut menjadi beberapa bagian yang sama besar. Setelah itu ketika sebuah hasil lipatan origami yang sudah jadi dibuka kembali, akan terlihat pola-pola simetris dari garis bekas lipatan. Ini jelas merupakan bagian dari pembelajaran matematika.

Origami ini juga wujud pembelajaran seni. Anda juga akan belajar memahami proses lewat origami ini. Sebuah pelajaran paling penting yang bisa diambil ialah dalam hidup ini tidak ada yang instan. Semua pasti ada tahapan yang harus dilalui. Anda akan belajar tentang perjuangan dan menjadi seseorang yang tidak pantang menyerah. Tertarik mencoba?

Source : vemale.com
COMMENT