SHARE THIS ARTICLE

Omiyage Stasiun

Masih cukup umum dalam budaya kita untuk membawakan omiyage (oleh-oleh) bagi teman-teman dan keluarga sepulang liburan. Dan, percaya atau tidak, tempat terbaik untuk membeli oleh-oleh adalah di stasiun-stasiun kereta api, dengan ratusan pilihan omiyage yang akan membuat kalian pusing memilihnya, meskipun biasanya kalian bisa langsung memesan sejumlah oleh-oleh yang populer terserah pada penjualnya. Karena itu, berikut adalah beberapa pilihan omiyage paling populer (dan umumnya akan disukai semua orang secara umum) dari masing-masing stasiun kereta di Jepang dimulai dari Hokkaido di bagian utara.

Hokkaido

Omiyage Stasiun - guidea.com - 1
Shiroi Koibito (White Lady), semacam butter-cookies (Image Source: guidea.com)
Omiyage Stasiun 2
Coklat Royce berkualitas tinggi yang seakan meleleh di mulut
Omiyage Stasiun 3
Kit Kat rasa kacang azuki dari Hokkaido

Kalau kalian ingin oleh-oleh yang sudah lebih banyak diketahui orang, kalian bisa berburu Kit Kat bercita rasa lokal. Disebut-sebut, ada lebih dari 100 rasa Kit Kat unik di setiap daerah Jepang, lho! Dari Yubari melon (Hokkaido juga), ubi (Tokyo), strawberry cheesecake (Yokohama), wasabi (Shizuoka), blueberry cheesecake (Nagano), miso (Nagoya), dan masih banyak lagi!

Tokyo

Tokyo Banana mungkin adalah kue paling ikonik dari Tokyo untuk dijadikan oleh-oleh.

Omiyage Stasiun 4
Tokyo Banana yang klasik berwarna kuning lemon polos, namun kini sudah tersedia juga yang didekorasi berbagai motif trendy hingga produk ini tetap populer.
Omiyage Stasiun 5
Permen berbentuk gunung Fuji ini juga bisa ditemukan di berbagai toko omiyage di Stasiun Tokyo.
Omiyage Stasiun 6
Kalau tidak mau repot, tinggal naik shinkansen, dan beli oleh-oleh yang akan ditawarkan di kereta dari menu yang sudah ada.

Yokohama

Omiyage Stasiun 7
Yokohama Baumkuchen

Baumkuchen sendiri sebenarnya adalah kue Jerman yang dibawa ke Jepang oleh Karl Joseph Willhelm Juchheim pada tahun 1919, yang kemudian membuka toko roti di Yokohama pada tahun 1921.

Omiyage Stasiun baumkuchen
Baumkuchen dengan gula rasa matcha

Kyoto

Omiyage Stasiun 8
Oleh-oleh khas Kyoto adalah Yatsuhashi, cemilan berbentuk segitiga yang dibuat dari lapisan tipis tepung beras dan gula yang berisi pasta kacang merah.

Omiyage Stasiun 9

Omiyage Stasiun 10
Kit Kat matcha khas Kyoto.

Osaka

Sebagai kota asalnya takoyaki dan juga okonomiyaki-nya yang khas, Osaka punya berbagai makanan ringan rasa takoyaki atau okonomiyaki, salah satunya adalah jagariko (snack kentang) rasa okonomiyaki ini.

Omiyage Stasiun 11

Kalau tidak berminat mencari yang berhubungan dengan takoyaki atau okonomiyaki, kalian juga bisa memilih Daifuku, kue beras manis bertabur gula halus yang kerap diisi anko (pasta kacang merah) atau buah-buahan.

Omiyage Stasiun 12

Kobe

Omiyage Stasiun 13
Kue spons ‘castella’
Omiyage Stasiun 14
Wafer ‘fugetsudo’ (atau gaufres) yang biasanya berisi krim manis dan kerap datang dalam ukuran besar
Omiyage Stasiun 15
Fugetsudo juga umumnya dikemas dalam kaleng yang cantik-cantik sehingga pas dijadikan oleh-oleh

Himeji

Habis mengunjungi Himeji Castle yang merupakan salah satu dari UNESCO World Heritage Site? Warisan budaya di Perfektur Hyogo ini belum lama mengenalkan karakter Shiromaruhime, mochi putih kawaii yang lahir pada tanggal 6 April dan rupanya adalah seorang penyanyi yang gemar minum teh di halaman Himeji Castle. Dan, tentu saja ada pula kue-kue kukus yang dibentuk seperti Shiromaruhime!

Omiyage Stasiun 16

Omiyage Stasiun 17
Jangan lupa cek tanggal kadaluarsanya, ya! Di Jepang, cara menulisnya adalah Tahun/Bulan/Hari.

Okayama

Kota rumah Momotaro dalam legenda ini menawarkan makanan yang diberikan Momotaro kepada seekor anjing, kera, dan ayam pegar agar mengikutinya: kibidango.

Omiyage Stasiun 18
Kibidango bisa dikemas satuan, atau juga disajikan dengan tusuk sate

Okayama juga terkenal sebagai penghasil buah, seperti persik dan anggur muscat yang akan banyak kalian temui sebagai tema omiyage.

Omiyage Stasiun 19
Puding rasa anggur muscat
Omiyage Stasiun 20
Minuman Calpis rasa persik

Hiroshima

Situs Warisan Dunia di Hiroshima adalah Kuil Itsukushima yang berlokasi di pulau Miyajima yang dibanjiri oleh pohon maple (momiji) sepanjang mata memandang. Makanan khas Hiroshima adalah Momiji manju, manju berisi pasta kacang merah yang dibentuk seperti daun maple Jepang.

Omiyage Stasiun 21

Omiyage Stasiun 22

Hakata

Kue ‘Hiyoko’ yang super kawaii ini bisa didapatkan di Hakata (Fukuoka), namun banyak juga dijual di stasiun beragam kota lain di Jepang.

Omiyage Stasiun 23

Omiyage Stasiun 24

Shikoku

Salah satu dari 4 pulau utama di Jepang ini adalah satu-satunya yang tidak dilalui shinkansen. Namun, kalian masih bisa membeli produk lokal daerah tersebut, seperti Sanuki Udon, di stasiun-stasiun utama shinkansen di Honshu.

Omiyage Stasiun 25

Kalian juga bisa membeli berbagai oleh-oleh di toko bebas pajak (duty-free) di bandara. Meskipun kalian mungkin tak akan menemukan berbagai makanan ringan tradisional seperti di stasiun-stasiun, kalian masih bisa menemukan cemilan menarik Made in Japan, seperti Pocky unik berbagai rasa ini.

Omiyage Stasiun 26

Omiyage Stasiun 27

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT